SENSOR DINAMO FAN INDOOR AC ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Monday, March 06, 2017

SENSOR DINAMO FAN INDOOR AC


Kali ini kita bahas tentang sesnsor motor fan indoor ac. Apabila sensor ini tidak bekerja maka akan terjadi error meskipun ketika kita coba langsung ke listrik maka akan berputar normal tetapi ic program akan membaca motor fan indoor tidak bekerja kemudian sistem akan berhenti dan muncul pesan error baik display ataupun led kedip-kedip sesuai dengan merek masing-masing ac.

Letak sensor ini ada di dalam motor yang berfungsi mendeteksi putaran motor dari low sampai high speed yang memanfaatkan magnet cincin yang terletak di As motor di bawah bearing/laker.


Sensor ini dinamakan DE EFECTO HALL yang ditemukan oleh Edwin Herbert Hall tahun 1879. Sensor ini memanfaatkan medan magnet dan menghasilkan tegangan listrik searah (AC) kemudian diubah menjadi tegangan searah (DC) oleh rangkaian yang sudah ada di dalamnya.

Sinyal output dibatasi dengan resistor 2k2 ohm kemudian masuk ke ic program. Dalam prakteknya biasanya di bodi motor sudah ada gambar skemanya kalau tidak ada maka saat kita melepas motor yang akan dipasang di unit yang lain maka catatlah skema di mainboard sesuai warna kabel antara vcc, ground dan output kemudian tempelkan tulisan tersebut di bodi motor. Dalam pemasangan di unit ac yang lain sesuaikan pin kabel dengan pin di mainboard modul ac sesuai dan jangan sampai terbalik!!

Berikut beberapa tipe sensor DE EFECTO HALL yang ada di pasaran,






3 comments:

  1. Apabila tidak memakai sensor apakah motor tsb bisa dijalankan?
    Kalau bisa...bagaimana cara memakai tiga kabel yg kegulungan motor?

    ReplyDelete
  2. Kecepatan fan ac sy tdak berubah wlp di remot sudah di naikan. Tapi klo keadaan swing agak tertutup. Fungsi kecepatan fan berfungsi dg baik. Kira2 ap nya guru...

    ReplyDelete
  3. Apabila tidak memakai sensor apakah motor tsb bisa dijalankan?
    Kalau bisa...bagaimana cara mengakali bila mau dipasang motor fan indoor LG yg tanpa sensor speed?sedang di modul ac nya ada soket control speed?

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI