CARA MENGGANTI MODUL AC DENGAN UNIVERSAL ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Friday, June 26, 2015

CARA MENGGANTI MODUL AC DENGAN UNIVERSAL

Penggantian modul ac haruslah sebagai pertimbangan "jalan terakhir" yaitu apabila modul aslinya sudah rusak parah karena terbakar, ic program rusak, ataupun tidak bisa refresh firmware. Tidak jadi masalah bila penggantinya adalah modul asli keluaran dealer resmi tinggal plug and play, namun bila modulnya adalah universal maka hal ini yang jadi perhatian.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Lay Out (Tata Letak) Modul

Pemasangan modul baru harus serapi mungkin, jangan ada kabel yang tertekan pcb dengan casing. Letak sensor dan lampu led/display dan tombol switch power manual harus serapi mungkin juga.

2. Pemilihan Modul yang Sesuai

Perhatikan model modul ac-nya pada motor indoor dan ozonizer, namun pada umumnya modul universal tidak menyediakan fasilitas ozonizer dan itupun tidak masalah asalkan bisa dingin menurut pendapat sebagian orang. Perhatikan model motor indoor karena pengaruhnya pada pengaturan kecepatan fan motor indoor tersebut.
Pengaturan kecepatan ada yang memakai relay ada pula yang memakai triac.


Pada gambar 1ini adalah modul ac universal dengan pengaturan kecepatan High-Midle-Low memakai relay yang dikendalikan dari ic program (MCU) melalui sebuah ic array ULN 2003 namun tentunya modul ini tidak cocok dengan motor yang memakai pengaturan kecepatan dengan Triac, bila dipaksakan walaupun berfungsi tetapi hanya ada satu kecepatan motor saja yaitu pada posisi high dan pin output relay di jumper jadikan satu agar ketika remot di tekan posisi high sampai low masih bisa berputar walaupun posisi tetap high.


Berbeda dengan motor/modul yang pengaturan kecepatannya memakai triac (motor arus AC / DC) ataupun memakai FET (motor arus DC), bedanya motor arus AC startnya menggunakan kapasitor sedangkan motor arus DC tidak.

Gambar 2
Gambar 3
Pada Gambar 2 ini terlihat motor fan indoor dengan pengatur kecepatan memakai triac yang dikendalikan IC MCU melalui ic array ULN 2003 ataupun melalui ic Photocoupler PC817. Besarnya arus yang melewati triac tergantung kontrol IC MCU. Pada konektor besar kabel hitam langsung terhubung ke pin 220v PLN, kabel putih ke pin kapasitor yang di kopel dengan kabel hitam, kabel merah terhubung ke pin triac. Sedangkan 3 kabel pada soket kecil terhubung ke modul mcu sebagai sensor gerak, karena bila motor mati maka akan protek. Kabel sensor ini ada pula yang 4 yang terbagi dua-dua.
Gambar 4
Pada gambar 4 di samping adalah jenis modul ac dengan motor indoor yang memakai tegangan DC (arus searah) 300v, tegangan ini dihasilkan dari dioda bridge dan elko 400 volt atau 450 volt. Kabel motor indoor ada 5 buah, 2 kabel penggerak motor dan 3 kabel sensor gerak. Salah satu kabel penggerak dihubungkan ke tegangan negatif dan yang satunya lagi dihubungkan ke tegangan positif melalui triac, bisa juga dengan FET. Pada sistem motor ini tidak memerlukan kapasitor kopel.

Untuk catudaya kompressor semua modul masih sama saja. Dengan mengamati sistem kerja modul dan motor indoor kita bisa mengambil keputusan modul universal mana yang sesuai bila kita melakukan penggantian modul ac. Namun bila tidak ada modul yang sesuai maka terpaksa harus mengganti modul dan motor indoor yang sesuai.

LANJUTAN:

Gambar 5

Disini aku tambahkan foto modul milik changhong (gambar 5), kalo modul jenis ini bisa diganti dengan modul universal seperti pada gambar 1.

Gambar 6
Pada gambar 6, modul dengan kecepatan fan indoor menggunakan triac, disini triacnya seperti ic pinnya ada 7, jadi photocoupler digabung dengan triac menjadi satu (lihat tulisan biru). Dalam penggantian modul harus cari yang sesuai, tidak bisa diganti dengan modul universal gambar 1, apakah tidak bisa?? jawabnya bisa, tetapi harus sekalian ganti motor fan indoornya.
Foto modul universalnya nunggu kiriman dari temen2, aku belum punya


82 comments:

  1. Gan, kalau untuk ac lg hercules low watt 1/2 pk type s05lpbx2, modul pcb universal apa yg cocok?

    ReplyDelete
  2. om,
    bisa minta tlng dibuatkan wiring/ skema cara menyambung kapasitor tambahan untuk di fan indoor ac ku.
    Aku sdh beli modul ac universal spt gambar no1 yg paling atas, hanya bingung cara pasang kabel yg dari fan indoor ke pcb nya, aku sdh baca2 ulasannya om,tp bingung cara nyambungnya. krn fan ku arus ac..
    sebelumnya terimakasih sy ucapkan.
    tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. modul asalnya seperti apa, kecepatan motornya apakai relai atau pakai triac? triac itu yang spt transistor kaki 3, kalo modul asalnya pakai triac, diganti spti yg gambar 1 hanya akan menghasilkan 1 kecepatan fan alias kenceng terus tdk bisa pelan, maaf saya tdk punya foto modul universal yg pakai TRIAC. Kalo pakai triac kabel motornya hanya 3, 1=0 PLN, 2=kapasitor, 3= fasa PLN yang besarannya diatur program melalui ic Photocoupler dan triac

      Delete
  3. Gan kasus saya modul asli pake triac trus saya ganti pake universal yg non kapasitor fan dengan speed relay, gmn penyambungannya biar fan bisa mati soalnya nyala terus selama ada power
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. modulnya harus pakai yg sesuai, gak bisa kalo kecepatan indoor pakai triac/scr diganti dengan pakai relai

      Delete
  4. Mas, Sy punya LG Hercules 380W Modulnya konslet karena kemasukan cecek. Sikring dan dioda sudah saya ganti ( banyak dipasaran) kondisi sekarang kipas outdoor nyala sebentar terus mati, kipas indoor sama sekali nggak muter. Ternyata triac nya juga rusak, karena susah cari toko yg jual apakah ada pengganti/ persamaan untuk triac BCR08.?
    Jika ada, apakah nilai persamaan yg harus sy beli?

    Terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai aja yg kode depannya BT.... googling datasheet nya hati-hati jangan kebalik pin kakinya

      Delete
  5. bos mohon petunjuk....fan motor ac lg low watt mati ....tegangan 15 vdc hilang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek power supply, cek tegangan 300v, cek fet ic,cek tegangan bias/starter fet ic, cek dioda output. klo bisa kirim fotonya bolak-balik bagian supply nya

      Delete
  6. Motor ac lg hercules dc mati,,sedangkan sparepats disini yang ada motor ac,,bisa gak di pasang,,trus gimana cara pemasangan kabel2 nya,,makasih boss,di tungu pencerahanya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pasti mati motornya? coba dilangsungkan aja kabel motornya tanpa melalui SCR, kalo mau muter berarti rangkaian kontrol sampai SCR mati atau coba pakai lampu bolam 100 watt pin socket motornya kalo mau nyala berarti motor mati.
      Untuk masang motor AC perlu tambahan kapasitor, cari modul yang sesuai untuk referensi. Jadi kalo ada modul ac mati jangan dibuang, disimpan untuk referensi kanibal

      Delete
  7. mas mohon bimbingan.
    ac saya daimitsu pake remot tidak mau nyala, harus lewat tombol reser ??? yg ada di indoor, setelah ac nyala baru remote bisa berfungsi tapi untuk pengatur suhu tidak bisa ac tetap hidup walau temperatur diset 32 derajat.
    kata tukang service modulnya nya rusak, terus saya belikan yg universal ternyata kalo saya baca penjelasan mas diatas modul saya yg pake triac, supaya fan nya bisa tetap hidup walau cuma satu speed apa yg harus dirubah mas soalnya di fan ac ada 3 kabel besar dan 3 kabel kecil, sedangkan di modul universal hanya ada 4 kaki : low, med, hi dan vr, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalur kabel motor besar pin/kaki motor yg dari triac dihubungkan ke pin low,med, hi (jadikan satu semua) ac akan terus full speed.
      3 kabel kecil tidak dipakai

      Delete
  8. Salam kenal, mau minta tolong, saya punya masalah sama ac lg1pk.
    Permasalahannya, pertama, speed cuman 2, kedua, jika pada saat kompresor mati, fan indor speed mengecil sampai hampir tidak ada angin, sehingga kalau malam, pada speed low sering beku indor nya.
    Saya iseng bongkar indor nya, dan motor fan nya ac, ada 4kabel, 2power, 2 lg ke kapasitor.
    Pertanyaan saya apakah bisa diganti dengam ampli universal? Dan apakah rumit pemasangannya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kirimi foto motor indoor beserta kabelnya dan foto modulnya atas dan bawah, kami bantu semampu kami. Kecuali ac inverter agak susah ganti modul

      Delete
    2. Saya baru baca lg skr, jd baru bales, akhirnya memutuskan ganti ac:d, kemarin ada promo ac aux1pk 2,3 jd saya ganti baru. Tapinya tetep saja ada sedikit masalah, ukuran kamar saya 4,5x5,5m angin ac aux sekalipun palinh low itu samgat besar sekali, jadi kalau malem suka sakit kepala soalnya angin berasa keras muter di kamar. Pertanyaan saya, apa bisa fan nya di modifikasi supaya bisa kecilan dikit? Saya cek kabel dari motor terbagi 2 konektor, tiap konektor isi 3, yg satu warna merah hitam putih ukuran kabel lebih besar dari konektor yg satunya lg, dan konektor satunya warna kabel brown grey yellow. Cara ngirim gambar disini gimana yah?
      Kurang lebih saya lihat cocok dengan gambar 2

      Delete
    3. maaf sdh lama gak OL, baru demam EKTP, semua berduyun-duyun minta rekam dan minta cetak EKTP.

      Klo modifikasi motor memang susah, kemungkinan bisa dengan mengecilkan sinyal dari ic kontrol ke pin triac dngan menambahkan hambatan/resistor mulai dari yg kecil dulu misal 5 ohm dst

      Delete
    4. Kalau misal ambil simpel saya pake dimmer bypass ke fan mya bisa ngak?

      Delete
    5. O.K.,, ide bagus, pakai dimmer yg triac-nya besar, misal pada lampu belajar tapi dimmer ganti yg besar coba pakai 2p4m spt yg dipakai di cdi

      Delete
  9. mantap artikel cara ganti modul ac. saya juga ada nih artikel2 mengenai ac silahkan cek di service ac sidoarjo

    ReplyDelete
  10. thanks reviewnya untuk kalian pembaca yang sedang membutuhkan jasa untuk perbaikan, Bongkar pasang, Perawatan/cuci ac, kulkas, mesin cuci, dispenser, dan barang elektronik. kami juga melayani jual beli dan tukar tambah. Kamilah tempatnya ^.^

    CV Anugerah Teknik Abadi merupakan Perusahaan yang telah lama bergerak dibidang jasa Service ac, Kulkas, Mesin cuci, Freezer, Showcase dan elektronik lainnya. Langsung saja berkunjung di website kami di : service ac sidoarjo, service ac sidoarjo, service kulkas sidoarjo ,service mesin cuci sidoarjo . Kami melayani di daerah surabaya, Sidoarjo dan gresik sekitar.

    CV ATA sudah dikenal luas masyarakat jawa timur, Dikenal sebagai Tempat Jasa Service Panggilan dengan pekerjaan teknisi yang memuaskan dan bergaransi.

    ReplyDelete
  11. Gan, numpang tanya ada kendala pada ac merk Changhong yaitu pada remote ( responnya lemah/lambat ) padahal remote sdh diganti yg baru ori ( model KK7C-1 )dan AC model KF-35W/C3 (1.5 pk). Gan ada/punya ga sensornya saja dan brp harganya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dah servis modul bberapa merek cina, kebanyakan respon IR, infra red lambat. Coba cek tegangan di receiver ir / sensor di display indoor biasanya 5 volt, ganti dulu sensornya, hati2 jangan kebalik kaki-kakinya, harga paling murah di tempatku 2500, murah kan??? yg agak bagus 10.000. Klo masih sama aja, cek jalur IR ke IC program ada yg konslet/kotor gak

      Delete
    2. Jual di Bukalapak / Tokopedia Gan ?

      Delete
  12. Malem mas, saya mau tanya kalau ac tiba2 mati sama sekali, tegangan 12v dan 5v ada, sya harus cek apalagi ya mas di modulnya, acnya sharp ah-a5sey, makasih ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. modulnya ada ic reset pa tidak (ic 3 pin spt transistor) di modul biasanya ada tulisan icxx, cek tegangannya, pin kiri 5 vol, tengah ground, kanan reset tegangannya lebih rendah dari 5 v (reset low)

      Delete
    2. cek 5 vol sampai ic program pa tidak, lampu di display ada yg nyala pa tidak?
      Saya tdk bisa pastikan rusaknya dimana tanpa cek, Kalau mati sama sekali kemungkinan besar di IC programnya atau softwarenya, dan untuk kedua hal ini saya sdh menyerah

      Delete
    3. Klw samsung inverter bisa di ganti universal kah bos

      Delete
    4. Sampai saat ini, aku blm pernah lihat ada inverter universal. Kalo ada misalkan,, gantinya harus indoor-outdoor. Inverter sistem kerjanya pakai hardware-software

      Delete
  13. mas mau tanya kemaren saya dapt problem, fan motor indoor ac LG saya tdak berputar, tp klau d putar manual motor ny bisa jalan. kta teman2 yg rusak capasitor (0,9uf) ny, setelah d ganti capasitor ny malah gak jalan, d putar pakai tangan juga gak jalan, sudah 3 capasitor yg saya pakai tuk mengecek kerusakan ny, kira2 apa kerusakan dan solusi ny bgaimana y mas?
    trimss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Coba cek kabelnya pakai multitester, nyambung pa tidak??
      2. coba langsungkan ke listrik, nyala pa tidak?
      kalo muter, kemungkinan rusak di kontrolnya

      Delete
    2. Bos nastain punya pin bbm??mohon bimbingannya,saya bru blajar ac rmah

      Delete
    3. Maaf,,, saya hanya pakai WA yg sampai saat ini masih tanpa iklan

      Delete
  14. Gan klo modul ac tcl
    Pas mcb dionkan indoor lngsung on n bbrp saat ngoper ke outdoor tp tdk smpai semenit outdoor mati lg
    Dan klo dionkan pakai remote tdk mau ngoper k outdoor n walau dioffkan di remote indoor tp on
    Mohon pencerahanx gan
    Mkasih by Makassar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Remot normal? masih bunyi "tit" kalo di remot??
      kalo pakai remot yg lain masih sama saja berarti modulnya trobel. kalau fan indoor jalan terus tidak bisa mati kemungkinan kontrol motor ada yg short/hubung singkat, kemungkinan besar triac (ada yg pakai ic SSR = solid state relay, ic kaki 7) atau jalur yg berhubungan dg itu.

      Delete
    2. SSR bentuknya ada yg ic kaki 7 adapula yang berbentuk kotak (hybrid)

      Delete
  15. mas, bisa service atau perbaiki modul ac samsung 1/2 pk AS05XAN? Kaki IC nya pada rontok krn karat.Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba modulnya difoto kirim lewat email atau WA sekiranya bisa tau parah pa tidak. kalau masih bisa disambung tentunya masih bisa

      Delete
  16. Om mau tanya kl ac gree nyala tp pas mau start outdor modul mati, trs setelah beberapa menit nyala lgi itu rusaknya dibagian apa ya.. Tks

    ReplyDelete
  17. Menurut pengalaman aja,, cek termis, sensor motor dan jalurnya, tegangan pln, power suplai. Itu yang sangat berpengaruh

    ReplyDelete
  18. Misi gan klo ac sharp AH-A5SEY midule universal yg vocok apa yah, tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kirim foto modulnya atas dan bawah kirim ke email atau WA? Sebab saya tdk tau persih modul itu motor indoor pakai DC 300V atau AC 220V. Yang pasti kontrol kecepatan motor indoor pakai SCR/Triack.

      Delete
  19. Asalamualaikum , mau tanya mas: ac saya Mitsubishi model SRK 09 CF(pemakaian sekitar 6 tahunan); 2 bulan yang lalu tiba-tiba mati total. Setelah saya buka ternyata modulnya banyak yang korosi/putus jalur. Kemudian saya coba ganti dengan modul universal, bisa jalan dan hidup lagi. Permasalahannya fan indoor tidak bisa berputar cepat, dan sebentar-sebentar outdoornya berhenti. Apakah mas Nastain punya modul yang original, kalau ada berapa hrgnya ? Oh ya sekalian tanya putaran fan indoor itu searah jarum jam tidak ? Trims. Wass (darto-solo)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum Salam,,
      Untuk modul saya tidak punya stok. Saya juga jarang pakai universal.
      Sekiranya masih bisa diperbaik saja, kirim saja ke kami, kecuali rusak ic program atau software nya.
      Untuk putaran indoor kalo motor kita lepas, arahnya berlawanan arah jarum jam. Kalau putaran terbalik biasanya pengabelan salah atau kapasitor tidak pas ukurannya

      Delete
  20. Assalamualaikum w.w. terimakasih mas Nastain atas pencerahannya. Setelah kabelnya saya balik fan indoornya bisa/lumayan kencang dan hembusannya keluar jadi ruangan bisa dingin.Sekalian mau tanya mas, pada modul aslinya capasitor fan indor 1.5 uf/500 vac, sedang pada modul universal 1.0 uf/250 vac; apakah itu ada dampaknya ? Begitu juga kalau ukuran termisnya tidak sama adakah pengaruhnya ?. Nanti kalau pas ke semarang saya ingin mampir ke Kalongan Ungaran Timur sekaligus bawa modul aslinya, boleh kan mas? Sekali lagi matur nuwun. Wass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam,,,
      Kapasitor berpengaruh pada motor, ganti saja dengan kapasitor aslinya. kalo termis pakai bawaan modul universalnya.
      Silakan mampir, saya sabtu-minggu free. kalo senin-jumat jam 15.00 kalo pagi kantore beda. Trims

      Delete
  21. mas motor fan indor ac hercules mini pakai yg DC klu maw saya ganti yg motor AC bisa g mas, trus klu bisa pin kabel mana aj yg masuk k PCB dan pin kabel yg k kapasitor, mohon pencerahanx mas ,makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel motor yang lama/asli ada berapa? Kalo motor DC biasanya kabelnya 5, +300v, -300v, dan 3 kabel untuk kontrol kecepatan lewat ic pc817 bukan lewat triac/scr ataupun relai.
      Kabel motor AC tanpa sensor ada 5 atau 6, N-220v, 3 kabel L-220v lewat relai , 1atau 2 ke kapasitor.
      Kabel motor AC dengan sensor ada 6, 3 kabel besar (N, Kapasitor dan L lewat scr) dan 3 kabel kecil sensor motor.
      Coba kirim foto lewat WA saya

      Delete
  22. assalaamu alykm kang
    mo nanya kalo relay utk fan motor jenis AC putus nyambung knp ya kang di pcb uni ac cassette national 2,5pk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam,
      Relai model apapaun kalo putus nyambung kemungkinan:
      1. Beban over load (beban terlalu besar) cek beban dan arus
      2. Power suplai ke relai tidak stabil, cek suplai misal 12V cek tegangan di elko2nya
      3. IC atau Transistor penguat bermasalah, misal uln2003 atau hanya pakai transistor
      4. Sinyal dari micom/ic program naik-turun
      5. Power suplai ke micom (biasanya 5V) stabil/tidak, cek elko2nya
      6. Power suplai bagian primer mungkin tidak stabil

      Delete
  23. Penjelasan-e ngawur kabeh
    Belajaran iki koyok-e TS-e

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuppss,,
      kalau memang salah silakan dikoreksi. Kami memang belajaran sejak '98 hehehehe di bidang elektronik, modul kontrol dan mechatronics. Di elektronik tidak ada orang "pintar" yg pintar yg mau belajar apalagi bila berhadapan dengan ic program dan software-nya misal ac inverter.
      Terimakasih fren sudah berkunjung.

      Delete
  24. Assalamualaikum
    Pak. Ac di rumah tidak mau menyala pake remote dan manual. Setelah sy lihat pcb ada ic terbakar ic top 253 pn. Apakah ic tersebut yg rusak? Dan perlu di ganti.
    Punya bbm ato wa pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti ic TOP253 atau 254 atau 255, harga sekitar 10-15ribuan.
      Nmr WA saya cantumkan di Judul blog, maaf... tidak pernah pakai bbm.
      terima kasih sdh berkunjung

      Delete
  25. Maaf mass ini saya dapat kasus ac,tegangan ada klo di remot sama di manual ada buxi bip,tapi ac tidak hidup apaxa kira2 dan solusixa gmana,ac lg hercules mini

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek/ganti dulu kedua termisnya. Cek tegangan 12v dan 5v stabil apa tidak.Cek jalur ke konrol motor indoor dan ke relai outdoor

      Delete
  26. Assalamuallaikum bang.
    aku ad ac sharp plasmacluster it modul nya rusak (mati total), trus mo ganti.yg universal cara nyambungin kabel fan blower ny gmna? It kn dy make motor dc kabel nya ad 5 trus ad lg kabel sensor ny.. makasi bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ganti motor juga,, agak susah modif motor dc karena di dalam motornya ada IC IPM

      Delete
    2. Waalaikum salam...
      Kami blm pernah uji coba merubah lilitan motor dc menjadi motor dc, yang pernah kami uji coba kompresor inverter dan blm berhasil karena keterbatasan pengetahuan dan ilmu kami.

      Delete
  27. halo Pak, saya mau tanya, kalo motor fan AC yg arus DC menggunaan magnet permanen? tipe apa yg menggunakan BLDC motor? saya perlu buat generator turbin angin. mohon "petunjuk", salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahuku pakai magnet cincin berbelah 4, blm coba bisa hasilkan listrik atau tidak, hrs di modif dulu karena di dlmnya ada ic jenis ipm untuk gerak motor. Kalau untuk turbin, blade(bilah)nya gimana, silakan dicoba kalau berhasil berbagi ya... Kami juga baru uji coba listrik angin penggerak dinamo pakai cyclone, dinamo pakai berko 6v (sepeda tempo dulu) untuk charge aki untuk nyalakan lampu led

      Delete
  28. mas mau tanya saya pakai LG 1/2 PK, kemarin sortcircuit saya cek modul, Fuse putus dan IC ada yg terbakar, utk model ini pakai IC seri apa ya karena mau beli tapi nggak tau serinya. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto aja modulnya, bagian atas dan bawah tepat di bagian ic nya, dan kirim foto lewat WA. Insya alloh saya bantu

      Delete
  29. Salam kenal bapak...indor saya lg s05lg-1 saya funsikan jadi kipas biasa karena bocor,setiap di nyalakan di speed high mode temp po aangin kencang tapi 1 jam kemudian kembali ke low speed dengan sendirinya,kalau di kembalikan ke temp po via remot baru kencang lagi dan berulang....pertanyaan saya agar speed fan selalu kencang bagaimana pak,terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga...
      Saya blm bisa pastikan part mana yg trobel. Tetapi hrs cek modulnya di bagian kontrol dr ic program sampai ic photocoupler dan dr photocoupler ke scr nya ke motor dan kapasitornya. Saya tdk hafal tipe itu pakai motor dc atau ac.

      Delete
  30. Selamat Sore Pak Salam Kenal Saya Darma Sanjaya. Mau tanya Pak AC saya panasonic kipas indoor nya aneh bisa cepat lambat sendiri jadi blower anginnya tidak maksimal. sudah saya ganti motor dan kapasitornya masih sama pak masalahnya. saya mau test motornya tersendiri tanpa memakai modul rangkaian bisa tidak Pak ?. susunan kabelnya bagaimana Pak. disini ada kabel Biru Merah kuning. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  31. Mlm om mau nnya,ac di rumah LG se
    belumnya trobel di capsitor fan indoornya udah saya ganti baru.nahh,,waktu di set speed high lama-lama fan mati sampek evaporatornya membeku.
    Kira-kira ada yang bermasalah lagi ya om..?
    Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan 1 >>Asumsi motor normal, trobelnya dibagian kontrol speed motor, cek bagian triac dan optocoupler atau rangkaian yg sejenis.
      Kemungkinan 2 >>motor trobel.
      Itu kelemahan modul yg tdk pakai sensor motor. Kalau yg pakai sensor pasti akan eror bila motor trobel

      Delete
  32. Permisi gan,
    Ac saya ketika steker dicolokin outdoor langsung hidup,padahal remote belum on,ketika dimatikan dari remote outdoor tetap hidup,baru bisa mati setelah steker di cabut,sudah saya check relay masih bagus,komponen apa lagi yang harus saya check, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ac noninverter: Kalau jaringan kabel sudah benar, berarti relai rusak (kontaktor di dalamnya selalu hubung)

      Delete
    2. Om mau tanya AC Sharp keluar H6 Apa nya ya..

      Delete
    3. Motor indoor berputar atau ridak?

      Delete
  33. assalamualaikum
    saya mau tanya bg..
    ac gree 1/2 pk
    indoor hidup, ketika over outdoor sekitar 10 detik mati total, lalu ga brapa lama hidup lg
    thermis sudah saya ganti, tp msh hidup mati ac ny bg..
    gmana solusinya?
    mohon pencerahanny...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan:
      1. Power suplai (12v dan 5v)
      2. Bagian sensor listrik (klo ada)
      3. Motor indoor error sensornya

      Delete
  34. Mas maaf masih bljr soal pendingin..mau tanya ini saya mau ganti modul ac ke Model universal..tp bingung soal motor fan indoornya.. Soalnya terdapat 2 socket tp si modul cuma 1 socket..mohon pencerahannya gan..
    Ac sya merk general

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soket yg kecil kabelnya 3 gak dipakai. Yg dipakai hanya 3 kabel besar, pemasangan sesuai modul aslinya, kapasitor juga pindahkan ke modul baru

      Delete
  35. makasih bang info nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  36. malem suhu.....mohon pencerahan, ac national 1pk, on dr remote, swing nda mau muter dan fan indoor nda mau start.
    nyari2 inpo , mesti ganti kapasitor d pcb , 400vac 0,6uF 5 kabel.....mohon arahan dan adakah pwrwakilan di jakarta timur? suwun sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. On dari remot swing dan fan gak kerja? coba pakai tombol manual.
      Fan nya standart atau inverter?, kabelnya 5. Silakan chat WA saja biar lebih jelas

      Delete
  37. Om..mohon waktunya untuk konsultasi.

    Ac saya inverter daikin ftkq20,
    Motor indornya kalau di mode coll ( kalau fan only tidak timbul) setingan remot auto/1234 kecuali 5. Itu suara hembusanya gak beraturan om. Wush..wush..wush begitu.macam hujan angin di genteng.kalau malam jadi risih.asli

    Saya rasakan di depan blowernya hembusanya pelan..kencang..pelan kencang...

    Nah sudah saya keluhkan setiap cuci ac.. namun kata dia itu normal..(kondisi siang,pasti ramai suara,jadi gak terlalu terdengar) kalau malam mau tidur baru deh kaya hujan angin di luar
    Pernah kata dia itu minta cuci besar,karena evap mampet kotoran. (Saya cuci rutin ke rekanan da*kin 3bulan sekali,ac saya baru 2 tahun)..
    Habis cuci kadang seminggu sudah kumat,kadang baru 2 jam di tinggal mereka udah kumat. Hadeh

    Lalu saya beli mesin stem ac sendiri,

    Saya nekat cuci sendiri ,bagian evap saya tarik kedepan sehingga belakangnya terlihat hasilnya bersih,tidak ada lumutnya.


    Nah pas saya cuci sendiri itu,bagian fanya debunya tebal sekali,keruh air cucianya . Sangat malahan. Saya curiga aja mereka gak bener bersih kalau cuci.. setengah jam udah beres outdoor sama indoor.


    Saya beranggapan kalau debu membuat fan indoor tidak seimbang putaranya karna
    Bagian blower ada yg bersih ada yg kotor tebal (cucinya gak di puter2 kalau nyemprot mereka) ,menyebakan sensor hall jadi mengirim sinyal ke modulnya.



    Nah setelah berhasil mencuci sendiri,satu bulan ilang tuh wush wushnya.. sekarang maulai kumat lagi,padahal baru tak cuci kemaren (yakin saya sangat bersih mencuci fan blowernya . 1 jam sendiri saya cuci fan blowernya di puter2 dan ditahan tangan) ..


    Menurut mas bagaiamana trouble saya ini?

    Saya yakin,ini bukan karena evap mampet. Soal nya terjadi kalau mode cool saja,fan only tidak.

    Dan saya pakai watt meter,jadi saya liatin itu wattmeter naik turun 3 watt saat timbul.jadi asumsi saya fanya pelan dan kencang sendiri. Begitu..



    Oh iyam apakah jika blower saat di cuci tidak di tahan putaranya sehingga terbawa putaran steam akan merusak partnya mas?menimbulkan listrik balik begitu


    Mohon dibalas.

    ReplyDelete

  38. ituDewa Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen Super Ten | BlackJack

    PROMO SPESIAL GEBYAR BULANAN ITUDEWA. KUMPULKAN TURNOVER SEBANYAK-BANYAKNYA DAN DAPATKAN HADIAH YANG FANTASTIS DARI ITUDEWA.

    MAINKAN DAN MENANGKAN HADIAH TOTAL RATUSAN JUTA, TANPA DI UNDI SETIAP BULANNYA!

    ? DAIHATSU ALYA 1.0 D MANUAL ( Senilai Rp.100.000.000,- )
    ? IPHONE 12 PRO MAX 512GB ( Senilai Rp.26.999.000,- )
    ? LAPTOP GAMING LENOVO LEGION Y520 ( Senilai Rp.9.999.000,- )
    ? Free Chips 1.500.000
    ? Free Chips 1.000.000
    ? Free Chips 250.000

    DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA

    1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa

    => Bonus Cashback 0.3%
    => Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
    => Bonus UPLINE REFERRAL UP TO 100.000!
    => Bonus New Member 10%
    => Customer Service 24 Jam Nonstop
    => Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)

    • Deposit Via Pulsa, OVO & GOPAY
    • Pusat Bantuan ituDewa

    Facebook : ituDewa Club
    Line: ituDewa
    WeChat : OfficialituDewa
    Telp / WA : +85561809401
    Livechat : ituDewa Livechat

    ReplyDelete
  39. Bang tadi saya ganti modul sharp dengan universal , mau hidup tapi fan indoor sangat pelan , coba ganti dinamo jg sama saja pelan , solusi nya gmn bangg .terimakasih

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI