MENAMBAH KECEPATAN MOTOR FAN INDOOR AC ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Tuesday, November 08, 2016

MENAMBAH KECEPATAN MOTOR FAN INDOOR AC

Teman-teman teknisi ac mungkin pernah mengalami kecepatan motor fan indoor putarannya lemah solusi terbaik adalah coba pakai motor yang lain yang sesuai dan masih normal serta pastikan kapasitornya normal kalau putarannya masih lambat kemungkinan besar modulnya bermasalah.

Penggantian triac, photocoupler, ULN2003 tidak membuahkan hasil, cek tegangan 12V atau 14V juga normal maka kesimpulannya ada pada sinyal dari ic program, kalau diukur tegangannya mungkin normal 1 sampai 1,5 Volt tetapi sinyalnya lemah. Cara cek-nya adalah putus jalur dari IC program ke IC ULN2003 kemudian di pin ULN203 injek dengan tegangan 2V (buat sendiri dengan R dan zener), pengalaman kami dilapangan ternyata motor bisa berputar kencang tetapi masalahnya hanya satu speed/kecepatan dan bagaimana cara mematikan (off). Cara yang paling gampang adalah memodifikasi daerah triac.

Apa yang kami kemukakan dibawah ini adalah salah satu contoh saja sebagai tambahan informasi.
Gambar di atas hanya salah satu contoh skema kontrol kecepatan motor fan indoor ac, setiap merek mempunyai karakteristik skema yang berbeda, kita bisa berimprovisasi sendiri dalam menangani modul ac yang berbeda-beda. Skema di atas akan kita ubah sebagai berikut:


Gambar di atas adalah hasil modifikasi untuk menambah kemampuan baik kecepatan maupun tenaga motor indoor. Bagi teman-teman yang punya pengalaman berbeda silahkan di-share

22 comments:

  1. Salam........
    Ada problem yg sy dapat, blower indoor sharp speednya lmh, udah sy ganti capasitor dan motornya, tetap aja hembusan anginnya lemah, tolong bantu sy, ya bung!!!!!!!!! trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kontrol kecepatan pakai triac atau pakai ic ssr (ic kaki 4+3) atau ssr kotak?
      Kalau pakai triac, cek/ganti rangkaian yg brhubungan dg triak, atau ganti kapasitor snubber motor yaitu kapasitor pada input dan otput pada triac (bukan kapasitor di motor lho)

      Delete
    2. Permasalahan nya sama putaran lambat tidak normal. Kontrol kecepatan menggunakan ssr ic kaki 4 + 3.kira2 yg rusak apa ya mas.?

      Delete
    3. Kaki 4+3 namanya optotriac/phototriac. Motor klo di langsung ke listrik putarannya kenceng, kemungkinan trobel di optotriac atau di drivernya. Cek tegangan di kaki optotriac dan sinyalnya dari ic uln2003

      Delete
    4. Terima kasih mas untuk respon dan pencernaan nya. Benar mas jika sensor di dlm motor dilepas putaran motor lgs kencang tanpa bisa di dirubah speed nya dg remot tdk lama kemudian lampu kuning nyala. Jika sensor terpasang putaran lemah tidak normal mati hidup terus. Setelah saya ukur sinyal / tegangan dari ic kid65004af ke ssr R39MF51 (jalur saya putus dulu dari ic ke ssr) tegangan menunjukkan 2v motor mati dan berangsur2 tegangan turun.
      Lalu saya ukur jalur ssr yg saya putus menuju ic kenapa mengeluarkan tegangan tegangan 11v, apakah benar bisa keluar tegangan mas? Terima kasih mohon pencerahan nya

      Delete
  2. Pak, kalo motor itu bukannya dalamnya lilitan saja ? Mungkinkah putaran lemah karena motornya udh rusak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups.. kalo memang positif motornya yang rusak, lilitan sudah tidak bagus, ada bagian email atau pelapis kawat yang sudah terkelupas karena panas walaupun hanya sedikit sehingga antar lilitan ada yang konslet.

      Delete
    2. Terima kasih jawabannya pak. Sukses selalu...

      Delete
  3. Pak mau tanya . Saya punya ac samsung setengah pk . Yang jadi masalah. Kenapa speed blower indoor tidak bisa dirubah menjadi rendah. Posisi speed blower pada level paling kencang. Padahal ada 3 tingkat speed Mohon penjelasannya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo remot normal, kemungkinan kerusakan di kontrol/driver kecepatan motor, antara jalur input dan output short

      Delete
  4. Mau tanya om klau pas posisi on modul ac tapi blum konek keoutdoor.kok kipas ibdoor gk jalan apa masalah nya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek motor, rangkaian driver motor, sensor listrik

      Delete
  5. Sy pny indoor yg mau sy jadiin kipas angin.motor blower output kabelnya ada 6.yg 3 power AC,yg 3 lg setau sy sensor gerak yg ada di dlm motornya.yg 3 kabel sdh sy konek ke AC,motor berputar pelan.bgmn caranya agar motor bs kenceng ?? ( Krn PCB modul & remote sdh tdk ada ) mohon infonya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengabelan sdh benar? Sesuaikan dg skema di bodi motor kalo ada, kapasitor hrs sesuai aslinya biasanya juga ada dibodi motor. Tidak perlu pakai modul langsung listrik pakai saklar, kalo masih lambat berarti motor sdh lemah

      Delete
  6. Om mau tanya kalau blower indor nya muternya kenceng terus lambat kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkadang ada indoor yg spt itu tergantung merek acnya. Ttpi kalo putaran sangat lambat tentunya ada masalah, di driver motor (modul) atau jalur sensor motor. Cek dulu motor langsung ke listrik klo masih bisa kenceng dan tdk panas berarti motor normal.

      Delete
  7. Selamat malam pak.
    Saya orang baru di bidang service ac. Saya butuh bantuan, klu ingin mempercepat putaran blower indoor yg misalnya top speednya 100rpm dan akan saya naikkan jadi 150rpm apakah cara paling simple yg harus saya lakukan agar hembusan angin ac bisa jauh jarak jangkauannya....?? Karna pelanggan saya umumnya minta yg seperti itu. Untuk sementara saya tambah dengan bantuan kipas angin dinding biasa. Terimakasih bantuannya pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg praktis coba pakai rangkaian dimer lampu belajar yg bolam

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Bukankah rangkaian dimmer itu klu dipasang hanya mengatur setingan voltase fan indoor aja...dan bukan rpm...
      Karna yg saya butuhkan penambahan rpm motor fan. Selain mengganti motor fan dgn rpm yg tinggi pak

      Delete
    4. kerja fan indoor itu tidak pada voltase maksimal 220v. Rpm erat kaitannya dengan torsi(Nm) dan daya (volt.amper), bisa juga dengan frekuensi tetapi frekuensi konstan di 50-60 Hz kecuali inverter.

      Delete
  8. Mau tanya om motor fan indor AC Samsung setengah pk lemah sudah saya ganti kapasitor nya tetap juga lemah
    Jika kapasitor nya saya ganti yang lebih besar, dan di coba kencang
    Apa pengaruh kedepan nya om.

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI