AC TIDAK BISA DIREMOT ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Monday, June 22, 2015

AC TIDAK BISA DIREMOT

Pada dasarnya sistem kerja remot dan receiver-nya sama saja pada semua sistem elektronik yang membedakan pada vcc receiver / remote dan kode numerik sinyal yang terbaca ic program tentunya ini rahasia pabrik.

VCC 5v dan 3 volt digunakan pada sirkuit berbagai elektronik termasuk tv, ac maupun dvd. Untuk power supply remote control ada yang memakai 3v (2 buah batere 1,5v) ada juga yang memakai 1,5v (1 batere, misal pada remote dvd LG).

Saat ini yang saya bahas adalah memperbaiki sirkuit receiver AC yang sering trobel tidak bisa diremot. Sebelum cek bagian modul AC pastikan bahwa kondisi remot baik-baik saja. Bila remot baik-baik saja berarti kerusakan pada modul ac-nya, bongkar casing ac keluarkan modul ac dan bersihkan dari debu maupun kotoran lainnya. Kemudian periksa wiring (jaringan kabel) front panel termasuk socket-socketnya, pastikan semua pin konektor tidak karatan karena socket ini rawan karatan disebabkan kondisi adanya embun dan debu di dalam casing indoor.

Setelah semua konektor dan kabel tidak masalah kini saatnya mencoba apakah modul ac sudah bisa diremot atau belum, pasang kabel colokan pasang dengan hati-hati jangan sampai terbalik pada pin relay atau kontaktor outdoor, coba aktifkan modul dengan remot kalau belum bisa tekan tombol switch manualnya, kalau bisa on berarti jalur receiver / sensor masih bermasalah. Cek tegangan pada pin sensornya harus ada tegangan 5v (pin vcc) dan 3,5v samapai 4,5v (pin IR = Infra Red atau output) kalau tegangan ada coba arahkan remot pada sensor ukur pin IR dengan tester pada saat tombol remot ditekan tegangan pada pin IR harus naik-turun.

Bila tegangan 5 volt tidak ada cek jalurnya sampai mainbord modul kemungkinan ada resistor yang putus atau molor nilainya, atau justru short dengan ground didalam body sensor itu sendiri. Coba lepas pin vcc-nya. Setelah 5v beres, cek pin IR bila tegangan tidak ada ganti sensor tersebut.

Berikut gambar beberapa sensor infra red:












Kalau diukur sensor ac dan sensor pada umumnya ada perbedaan yaitu pada pin IR terhadap vcc, namun bila sensor biasa dipasang pada modul ac masih tetap berfungsi. Yang terpenting adalah menentukan pin vcc, ir, dan GND sehingga dalam instalasi tidak terbalik karena bila terbalik kemungkinan sensor akan rusak / mati atau jalur vcc modul akan terbakar.

Cara menentukan pin GND:
Caranya sama menentukan Basis Tr Regulator TV. Posisi multi tester pada 10x, probe hitam sebagai patokan, misal sensor seperti gambar 1, letakkan probe hitam pada pin 1, probe merah pada pin 2 jarum tester akan menunjuk skala kurang lebih 10ohm, demikian juga pada pin 3, maka pin 1 adalah GND.

Cara menentukan pin vcc dan IR:
Masih sama pada gambai 1. Caranya sama seperti mengukur dioda / zener. Abaikan pin 1, probe hitam pada pin 2 dan probe merah pada pin 3, pada kondisi ini jarum tester tidak bergerak atau hanya bergerak sedikit. Bila probe tester pada posisi dibalik maka jarum tester bergerak kurang dari 10ohm, maka pin 2 adalah vcc dan pin 3 adalah IR. Mudah bukan ... ?? Silahkan mencoba menentukan pin pada sensor pada gambar 2.

Setelah penggantian sensor coba on-kan lewat remot bila ok maka pekerjaan selesai, bila belum bisa ukur kembali pin IR saat diremot tegangan pada pin ini harus kedip atau naik turun, cek sampai pada pin ic program, kalau bisa naik turun, kemungkinan kerusakan pada ic program atau pada data firmware (data pabrik), kalau punya copian firmware bisa dicopi sendiri bila tidak harus dibawa ke dokter dealernya, hehehehehe ... Namun tidak ada salahnya bila diganti dengan sensor lainnya.


Cukup sekian semoga ada manfaatnya. Bila ada pertanyaan tinggalkan pesan atau lewat sms

44 comments:

  1. Assalamualaikum mas mo tnya nih klo diremot gk mau,tpi di manualkan mau. Kira2 apa ya rusaknya ac lg sya. Klo mo beli sensornya di toko apa ya mas, n biasa harganya berapa. Trims
    Ni e mail saya mas muhamadyasirbafadhal@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga bervariasi palinbg murah paling 2500, sensor dvd juga bisa, cari aja yg bekas perhatikan pin kakinya

      Delete
  2. saya juga ada nih artikelnya mengenai ac silahkan kunjungi service ac sidoarjo siapa tau bisa juga jadi referensi anda

    ReplyDelete
  3. AC saya bisa diremote, tp remote harus ditempel di ACnya. Kadang kadang normal diremote. Tp kebanyakan musti ditempelin. Itu knp ya kira2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sori telat balesnya.. kalo lewat sms bisa langsung jawab
      kalau ada coba pake remot lainnya atau universal, bisa juga remotnya dipakai di ac lain yg semerek kalo bisa tidak bisa berarti remotnya kalo bisa berarti unit modul indoornya. Ganti sensor receiver infra red-nya

      Delete
  4. mas kenapa Ac lg yg sensor remote ada di bawah kanan kita sering error?moon pencerahannya....trims. sallam Kediri city.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bales, Coba bagian display dan sessor ditutup rapat jangan sampai lembab atau kena air sewaktu servis cuci. Ganti sesor dengan yg kualitas bagus

      Delete
    2. Maaf baru bales, Coba bagian display dan sessor ditutup rapat jangan sampai lembab atau kena air sewaktu servis cuci. Ganti sesor dengan yg kualitas bagus

      Delete
  5. Mas, tanya ya..ac sy sensornya rusak..jd sprtinya ga bs dperbaiki kabel2nya, dganti oleh tkg servis..kira2 hrganya brp ya, ac merk lg, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hanya panel depan harganya kira2 60 ribuan. Kalo wilayah semarang masih bisa kami perbaiki

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Mau tanya, AC saya panasonic 3/4PK standar r32, krn PLN mati hidup lampu tadi pagi, AC tidak bisa diremote, sempat tanya tukang cuci AC katanya receiver kemungkinan rusak krn siang tadi masih mati lampu jadi belum dibetulin, ganti receiver AC kira2 kena berapaan yah ? boleh minta info. skr PLN nampaknya sudah normal, AC bisa nyala tapi tidak bisa diremote. mohon infonya. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bls, receiver murah dari harga 2500 sampai 10000.

      Delete
  8. kang klw ac panasonic inverter.tidak bisa di remot,remot dan receiver nya bagus.klw di remot tegangan ir nya naik turun tetapi tidak ada respon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Cek lagi,, tegangan naik turun IR sampai ic program pa tidak?
      2. Coba pakai remot lain.
      3. Coba ganti receiver, meski terlihat bagus
      Kalau masih nggak bisa kemungkinan Firmware(program)-nya

      Delete
  9. Mas knpa ac sy hbis dcuci waktu dinyalain gk ad bunyi beep tp ac jalan normal? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. diremot tidak bunyi beep?
      kemungkinan rusak buzzer/speker kecil, bisa juga jalur dari ic program lewat transistor ataupun ic array uln2003 ke buzzer. cek tegangan di pin/kaki buzzer ada yang pakai 5v ada juga yg 12v, kaki satunya kalau diremot tegangan harus lebih rendah dari tegangan suplainya (5v atau 12v)

      Delete
  10. Mas mau tanya. Saya uda ganti sensor ac kog tetap tidak bisa nyala ya.. mohon pencerahan'nya

    ReplyDelete
  11. Mas mau tanya. Saya uda ganti sensor ac kog tetap tidak bisa nyala ya.. mohon pencerahan'nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pa sensornya ada yang salah pasang kaki-kakinya? coba kirim panel display ma sesnor ke email atau WA

      Delete
  12. Ac saya panasonic biasa bukan inverter, kabel sensor nya di gigit tikus, lampu power, sleep, run, timer nya mati, tadi nya mati lampu trus beberapa detik mati lg, abis itu nyalah semua lampu nya, trus ga bisa di remot, abis itu lampu indikator nya mati semua. Beli kabel sensor yg kecil2 nya buat panasonic berapa ya harga nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cabut konektor dan display, Coba disambung dengan rapi kabel2 yg putus. kalo pembelian sparepart kami tidak punya info, kami jarang melakukan penggantian, semua hrs diperbaiki dulu

      Delete
  13. Mas mau tanya, ac sya akari 1/2 PK, ac sya klo dinyalakan pakai remot keluar E1 dibagian display indoor, kira2 apanya yg rusak yh, trus klo harga vcb modul itu brp yah

    ReplyDelete
  14. Mas mau tanya, ac sya akari 1/2 PK, ac sya klo dinyalakan pakai remot keluar E1 dibagian display indoor, kira2 apanya yg rusak yh, trus klo harga vcb modul itu brp yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara umum E1 erroe sensor ruang, termistor warna hitam, E2 error suhu pendinginan termistor logam pada evaporator

      Delete
  15. Mas mau nanya , ac panasonic saya remotenya suka eror. Bahkan sering skg. Remote gak bisa dibuat matikan ac , kaalu buat hidupin lancar aja. Pas mau matiin , mode nya jadi ke off padahal ac masih on. Itu kenapa ya mas ? Wakwkwk mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin baterai lemah, bongkar remot bersihkan bagian jalur2nya dan karet karbon pada tombol dg alkohol atau minyak kayu putih, cek konektor baterai, cek solderan led infra red. Coba pakai remot lain ataupun universal.

      Delete
  16. Mas mau tanya,Ac saya panasonic 1.5 pk. Gk bisa diremote,setelah di chek sensornya rusak, lagsung saya belikan baru ke panasonic service center. Baru 1 bulan rusak lagi dengan kerusakan yg sama, bisa di infokan masalahnya dimana, di Ac nya, listriknya atau sensornya yg saya beli kurang bagus padahal original. Thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah pasang sensor original, biasanya pakai yang murah meriah harga 3000an, kalo hanya sensor sih berani garansi 1 thn.
      Penyebab kerusakan sensor biasanya tegangan melebihi 5v tetapi kalo tegangan naik otomatis ic program juga mati. Coba ganti sensor lagi saja, beli yang sesuai kaki-kakinya biar mudah masangnya kecuali paham elektronik.

      Delete
  17. Mas mw tanya.. Ac di kantor saya Ac cassete panasonic inverter 5 pk.. indoor ny hidup tetapi outdoor ny tidak.setelah 1 menit indoor ny mati dan lampu timer di indoor hidup dan gk bisa di remote.. kira2 kerusakan ny dmn ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama cek termis/sesnor udaranya di indoor dan outdoornya juga overload di kompressor (pakai termis/tidak?), ada kode error di casing pa tidak, perhatikan kedipan led di outdoor sesuaikan yg ada di casing, kalau ternyata errornya di software atau modul outdoor hrs hubungi dealer resminya atau teknisi profesional yg paham modul inverter

      Delete
  18. mas, ac saya daikin, remote tdk berfungsi tp tombol auto yg di indoor bisa nyala, sudah cek out IR ada dan sampai ke IC control, kalau IC control yg masalah knp tombol auto bisa nyala ya?
    mohon pencerahannya.
    kalau ada sy minta dikirimkan skema pcb indoornya, ac saya daikin FT15HEV1.
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangan out IR berapa? Sudah coba ganti sensornya?
      Bisa juga rusak di IC control (program corrupt), jalur tombol auto dan IR berbeda. Trims sudah berkunjung

      Delete
  19. Out ir sy cek pake avo digital 4,9v, kalau ada sinyal remote 3,7-4v, sy sdh sampai ke kaki ic control.
    Sdh ganti sensor ga ngaruh.
    Mas kalau punya skema pcbnya tolong email ke saya: sui.shoei@gmail.com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengamatan berarti IR sdh normal,, sebelum mutusin micom rusak bagian IR alangkah baiknya coba pakai remot yg lain dulu atau pakai universal remot. Kalo Skema kami blm pernah punya

      Delete
  20. mas ac dikantor saya g bisa dimatiin pake remot jika nyala diatas 10 menit. kalau dalam kondisi mati dinyalain bisa. tp kalo udah hidup diatass 10 menit remot udah g berfungsi.
    saya coba pake remot lain jg tidak bisa. kenapa ya kira kira mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan di modulnya, sensor atau receiver infra red nga lemah. Coba ganti dulu saja

      Delete
  21. Slmt malam mohon info no WA yg mana ya thxs,

    ReplyDelete
  22. Minta tolong bisa kasih gambar skema jalur modul sensor samsung yang soket 9 agan?mau beli modul nya mahal...barang kali agan mau kasih gambar nya ntar sata coba buat jalurnya sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan lewat WA ya, nmr ada di judul blog. Saya butuh foto displainya. Semoga saya bisa bantu

      Delete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI