SOLENOID DAN MOTOR DRAIN TIDAK KERJA ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Saturday, May 13, 2017

SOLENOID DAN MOTOR DRAIN TIDAK KERJA

Bahasan kami kali mengenai beberapa penyebab solenoid dan motor drain tidak kerja, yaitu:

1. IC MICOM (Micro computer) atau IC MICON (Micro control) atau IC Program

IC Micom tidak memberikan/mengeluarkan perintah. Kemungkinan IC rusak atau programnya (firmware) error atau mendeteksi adanya bagian mesin cuci yang tidak bekerja atau jalurnya yang bermasalah misal IC micom mendeteksi adanya kerusakan pada water lever, motor utama tidak bekerja (sensornya ada yang memakai ic pc817(photocoupler)/sejenisnya ada yang memakai sensor gerak De Effecto Hall ataupun ic lm393), sensor panas (pada mesin cuci front loading) tidak bekerja, tombol switch ada yang short (konslet) dan lampu indikator perintah/displai ada yang short.

2. Switch/konektor pintu bermasalah

Konektor pintu pada bagian belakang (pintu atas/top loading), konektor pintu depan (front loading) ataupun sensor pintu magnet (hubung ketika berada pada medan magnet)

3. IC Array bermasalah

Perintah dari ic micom tidak bisa diolah oleh ic array. Ada mesin cuci yang ic array adapula yang tidak, yang tidak memakai ic array jalurnya dari ic program langsung ke SCR. Contoh ic array adalah uln2003xx atau hanya memakai pc817. IC Array bermasalah karena mati, kebakar, atau tidak ada tegangan suplai (12 volt). IC Array berfungsi sebagai pengaman ic program karena bila ada kebocoran arus/tegangan listrik yang melebihi batas ic micom akan ditahan oleh ic array atau dibuang ke ground sistem dan ic array bisa short atau terbakar. Perintah ic micom yang lewat ic array pada beberapa mesin cuci (tidak semua) adalah perintah konek relay pin common (bila relay tidak kerja maka semua bagian yang menggunakan tegangan 220V tidak akan kerja), buzzer (bunyi beep/tit), solenoid, motor drain, motor utama (bolak-balik), pemanas (heater)

4. SCR/IC ACS bermasalah

Jalur dari ic array atau dari ic micom (tidak memakai ic array) ke SCR/ACS bermasalah atau putus jadi perintah tidak sampai tujuan (SCR/ACS). Sebelum sampai SCR/ACS biasanya ada tahanan/resistor ukurannya bervariasi. Bila SCR short/konslet pin 1 dan 2 maka solenoid, motor drain atau motor utama (top loading) akan langsung berputar setelah on meskipun belum switch start belum dipencet. Bila SCR/ACS open (rusak/terbakar) maka ketiga hal tersebut tidak kerja.
IC ACS biasa dipakai di Samsung ACS1207S (untuk drain) untuk solenoid. IC ACS bisa diganti dengan SCR sudah kami praktekan, pada Samsung bisa diganti dengan relay12V.

IC ACS bisa digani dengan SCR BT134 dan SCR BR12 (motor utama) bisa diganti dengan BT138 tapi pemasangan harus memakai isolatif mika dan ring baut plastik seperti pada transistor "jengkolan" karena bodi-nya logam, yang tidak ribet pakai SCR yang bodi-nya bukan logam.
Berikut beberapa gambar yang mudah-mudahan bermanfaat:

BT134

Pemasangan SCR lubang harus di bor dulu

Ganti acs dengan SCR

Skema Penggantian ACS dengan SCR


Ganti Acs dengan Relay

Skema Pengganti ACS dengan Relay 12V


45 comments:

  1. terima kasih atas pencerahannya.. satu permasalahan terpecahkan, karena ic acs1207s short sehingga motor drain jalan terus sampai terbakar meski mesin posisi off (standby).

    namun masih ada masalah lain yaitu inlet valve warna biru on terus,kondisi ic acs normal (saya coba menggantikan ic acs drain pump yg short berfungsi).. saya coba telusuri sampai ic micom, dan memang statusnya on terus..

    kira gimana mengakali supaya inlet valve air warna abu2 bisa aktif, karena proses cuci yg diaktfkan inlet valve warna biru, sedangkan waktu rinse yang diaktif kan inlet valve warna abu-abu. padahal input air hanya satu lubang.

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesimpulannya valve biru tdk jalan?? coba dilangsungkan ke listrik normal apa tidak ttp kabel yang ke modul dilepas dulu. kalo jalan berarti trobel di modul, cek jalur dari ic acs ke micom ada yg konslet dg jalur lain apa tidak, atau coba ganti dulu ic acs nya kalo gak ada pakai triac/scr biasa misal bt138

      Delete
    2. dites langsung valve biru normal, ic acs punya valve biru saya jadikan pengganti acs drain normal. dari pin ic micom yang ke arah acs valve biru terukur tegangan 5v-an (ground ambil dari 7805)meski posisi standby atau on.

      Delete
    3. Kalo 5V dari micom ada berarti blm ada perintah dari micom.
      Saat spin, motor normal? Saat proses bilas valve abu2 kerja? Apa coba ganti water levelnya dulu

      Delete
  2. Hu..minta pencerahanya..mesin cuci water inletny sudah di ganti..tetapi air masih belum bisa masuk hu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kabel ada yg putus pa tidak, kalo kabel bagus berarti rusak di modulnya

      Delete
  3. 12v untuk lilitan relay, ngambil dari mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk samsung pintu atas 12v dari power suplai gabung dengan jalur L (line) 220vac, untuk modul lain kalau yg gabung dengan jalur line-nya adalah 5v maka oakai relai 5v

      Delete
    2. makasih, responnya gan (maaf saya masih newbie)... tapi saya masih belum paham.
      1. spek relay 12v(dc). kaki lilitannya yang satu ke kaki resistor 10 ohm, dan kaki satunya lagi disambung dengan 12v dari power supply yang digabung dengan kaki line 220v(ac). pertanyaannya: apakah relaynya nggak akan rusak? soalnya spek relay 12v(cd) diberi arus 220v(ac). Dan bertabrakan antara 12v(dc) power supply dengan 220v(ac).
      2. Apakah voltase 12v keluaran dari ic array yang dilalui oleh resistor 10 ohm itu, voltase positif atau negatif?

      Delete
    3. ikuti saja gambar bawah, jangan salah nyambung kabelnya

      Delete
    4. ya gan mohon pencerahan apakah bisa juga dipakai di module samsung wf8650nhw? acs 2017nya jebol ...terima kasih

      Delete
    5. Sama ukuran relaynya yang berapa volt ya

      Delete
  4. Gan mo tanya water inletnya bekerja terus saat awal mesin dihidupkan terjadi pada mesin cuci denpoo dwf 093b apa penyebabnya,apakah masalah dari perintah modulnya kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar IC ACS atau triac-nya short, ganti dengan bt138, Kaki 1=listrik, kaki tengah= output, kaki 3= sinyal inputdari micom

      Delete
  5. Mesin cuci 1 tabung merk samsung motor drain tdk bekerja, klo di tes lngsung pke arus 220v motor drain bisa narik, setelah di cek modulnya tegangan drop cm 18V ac.. trus klo di IC ACS nya di jumper in sama out nya, motor drain bisa kerja, apa ic ACs nya bermasalah?

    ReplyDelete
  6. Jalur sinyal dari uln2003 ke ic acs ada yg putus atau tesistornya putus atau berubah nilainya

    ReplyDelete
  7. Assalamu 'alaikumm..
    Cara ngecek masing" komponen.. sprti micom ic array dan scr gmn mas.. maaf soalnya saya pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salaam..
      Belajar elekrronik butuh semangat dan kesabaran. Cara paling gampang adalah membandingkan dg yg masih normal.Kalau ada waktu luang silakan mampir ke temoat kami, kita belajar bersama

      Delete
  8. Mesin cuci samsung top loading, kasusnya sama seperti yang di atas, kabel yang terhubung ke drain motor jika tidak disambungkan arusnya 220v, tapi begitu di colokkan ke drain motor arusnya turun jadi 12 volt , ini penyebabnya apanya terimakasih, bisa di jawab ke wa saya 085740156708 terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabut kabel soket dari modul kmd ganti dg 2 kabel listrik, colokkan ke listrik, motor muter gak? Kalo motor muter berarti rusaknya di modul. Cek ic acs drain (bisa diganti dg triac/scr), cek jalur dari uln2003 ke ic acs

      Delete
    2. Ok terimakasih saya coba dl semoga bisa

      Delete
    3. Ok terimakasih saya coba dl semoga bisa

      Delete
  9. Klo bg saya yg baru terjun dengan 5% pengalaman dan keahlian cuman bisa bergumam dihati...saya tidak mengerti bahasan yg di maksud.tp tetap buat saya semangat pengen tau..
    Menyenangkan buat saya.
    Trima kasih

    ReplyDelete
  10. Pa maaf sy bisa kursus untuk perbaikan tv led

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak begitu ahli di tv led, peralatan kurang lengkap ma onderdil juga susah.
      Kalau mau main ke tempat kami dipersilakan

      Delete
  11. Om klo samsung front loading selenoit tidak bekerja. Yg perlu di cek apa ya tak kasih lampu juga g bisa nyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acs/Triac/relai, tergantung pakai triac atau relai atau acs

      Delete
  12. Om newbie mau tanya kendala air tidak keluar.. samsung wa70v4 kan songket ke selenoid kan ada 2. Nah saya tespenin 2 2 nya nyala.. itu kenapa ya om.. sedangkan selenoid itu bukannya 220v dmn 1phase 1nol.. selenoidnya juga jg udah di bersihkan.. air tidak keluar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Triac/IC ACS-nya blm kerja, Cek Triac/ACS +Resistor+ Jalur dari ILN2003.
      Semuanya di dalam modul

      Delete
  13. Ass,om tlg bntu,las invrter sya Rhino 200a awlny kpsitor milrny jebol, oc mnyla,stlh gnt kmbl nrmal tp arus dr trvo swtcing gk klwr, mslhny dmn y om, trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yg hrs di cek: Fet, sinyal input Fet dari trafo kecil, driver trafo 4 fet kecil, ic pwm

      Delete
  14. Mau nanya bang, mesin cuci midea saya muternya searah, d cek motor sama kbelnya ga bermasalah, triacnya atau apanya,trus kalau mau ganti triac ga ad yang sama di pasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek jalur dan triac.
      Triac bisa pakai bt138 atau bta12

      Delete
  15. Om mw tanya, Water inlet sdh dibersihkan untuk samsung top loading.air tetap keluar terus saat mesin di start. Solusinya seperti apa ya

    ReplyDelete
  16. Selamat siang suhu, boleh saya telpon suhu,,? Saya mau tes ini

    ReplyDelete
  17. Mas kalau ic micom panas polll apakah sudah rusak.mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  18. Bang kalo samsung 1 tabung pintu atas,dipencet power pilih mode pencucian setelah itu pencet start malah pas air sedang mengisi tabung drainnya malah tarik klep untuk membuang air jadi gak penuh2 mesinnya.iti apanya ya bang mohon solusinya bang terima kasih

    ReplyDelete
  19. Mesin cuci LG turbo drum maslahnya tidak bisa narik motor drain yang tarikan kedua ,

    ReplyDelete
  20. Tanya mbah..
    Samsung diamond drum..ga bs buang air n spin.
    Apanya ya mbah?

    ReplyDelete
  21. Tanya om Samsung front loading ketika nyuci air keluar terus dari drain pembuangan akibatnya tabung saat mencuci tidak ada airnya dan terjadi eror 4e .walaupun sudah diganti watel levelnya tetap air kebuang . Makasih om master

    ReplyDelete
  22. om mau nanya mesin cuci samsung saya awalnya motor drain tidak bekerja, ssetelah saya ganti acsnya motornya drain jalan terus sebelum di start.. tp saat setelah proses spin berakhir kan modul otomatis mati. saya ulangi ke tahap pencucian sampai di bilas drain tidak hidup lg.. itu kenapa ya? mohon pencerahannya

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI