SAMSUNG SLIM LAMPU POWER HIDUP SESAAT ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Wednesday, November 15, 2017

SAMSUNG SLIM LAMPU POWER HIDUP SESAAT

Samsung Slim gagal standby, kejadian itu mungkin pernah kita jumpai. Pertama kita pasti mengecek bagian power suplai primer dan skunder terutama pada bagian photocoupler (PC) dan kontrol on/off. Begitu juga kami dan hasilnya semua tampak baik-baik saja. Gejala yang ada adalah saat dihubungkan ke listrik, tegangan B+ 120V akan naik mencapai 200V beberapa detik kemudian semua tegangan akan hilang kecuali 16V suplai ic sound. Kejadian seperti ini pernah kami alami dan kerusakan pada bagian resistor bagian pc yang terhubung dengan B+ 120V.

Untuk pengujian power suplai, pasanglah bolam 5 watt pada kaki elko 160V/100uF dan potonglah jalur FBT ke kaki kolektor horisontal dan pasanglah bolam 100 watt pada kedua bagian itu yang berfungsi sebagai sekering. Perhatikan apa yang terjadi. Saat dihubungkan ke listrik, semua tegangan power suplai akan tampak normal dan semua sistem bekerja sebagaimana mestinya. Tetapi ketika bolam 5 watt dilepas akan kembali ke keadaan awal.

samsung slim
Mesin TV Samsung Slim
Analisanya, saat tv dihidupkan pertama kali ic micom mendeteksi adanya tegnagan/arus yang kurang dari tegangan/arus referensi 'sistem' sehingga ic micom memerintahkan power suplai untuk menaikkan tegangan/arus output sehingga tegangan akan naik kecuali tegangan yang masuk ke ic micom akan tetapi tegangan/arus yang masuk ic micom tidak ada perubahan sehingga ic micom akan off total. Dari hal-hal itu kita periksa tegangan yang dibutuhkan ic micom yaitu ic regulator 3,3V dan jalurnya sampai elko dan dioda 7V.

Dari hasil pengamatan dan pengecekan semua tampak bagus, kecuali elko 16V/100uF karena kami tidak punya ESR meter, langsung ganti saja elko tersebut meskipun masih tampak bagus. Dan hasilnya power suplai normal kembali. Wau... ternyata hanya sepele, yups.. pengalaman adalah termasuk guru terbaik.

Jangan lupa sambung lagi jalur kolektor hosrisontal!



Mungkin ada kasus yang sama tetapi solusinya berbeda. Demikian pengalaman kami, maaf bila tulisan yang salah dan semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang mengalami kasus yang sama.

16 comments:

  1. terima kasih ya mas solusinya. sangat membantu.semoga makin sukses.
    amin...

    ReplyDelete
  2. Terimakasih Telah Berbagi..
    Sangat Bermanfaat Pokoknya Mantap.

    ReplyDelete
  3. Trims gan...ane ngalami kasus yg sama, gagal standby, rupanya ganti tu elco jadi maknyus. Kalau gagal start mah kasus yg sering, gagal standby ini sempet bikin bingung. ��

    ReplyDelete
  4. Trikasih gan atas berbagi pengalaman nya..

    ReplyDelete
  5. Asthgfrrullah,,,,,
    Nemu kasus samsung,, mulai jalur fdback oke, primer normal,, tpi b+ over hny 2detik,,,
    Sama persis tersangka elko 100u 25v,,,
    Terrimakasih gan sudah memecahkan masalahku,,,
    Semoga tuhan yg mha kuasa yg mmbalasmu,,,
    Aminnn,,,

    ReplyDelete
  6. Mas msn cuci lg 8kg inverter ngak bisa muter waktu nyuci di spin cuma bisa buang air gerak bentar terus eror kira2 apanya? Kalau ser serfis brp ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eror si sensor motor, lilitan motor atau di ic ipm di modul. Harga servis kalo disini 300k blm termasuk onderdil

      Delete
  7. Alhamdulillah mas, terima kasih ilmunya, walau sempat kena setrum dari elco, tapi terbayar sudah, mksh

    ReplyDelete
  8. kasus sama mas hanya saja tv blm sy bongkar dari penjelasan diatas tv ketika di colokin lampu power nyala sebentar trus mati.mudah mudahan hanya elko 100uf/16v nya.trimakasih telah memberi penjekasan🙏

    ReplyDelete
  9. tv punya adik kerusakan mirip. diganti elco sesuai diatas langsung maknyus. terima kasih atas ilmunya semoga selalu bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Terimakasih, artikel ini sangat membantu, dan saya barusaja menemukan kasus yg sama dg artikel ini, dan benarsaja, c100uf/25V itu saya coba ganti, dan hasilnya mantul, tv samsung slim sudah normal lagi.

    ReplyDelete
  11. Terimakasih sudah share ilmu, sangat bermanfaat. ternyata elco 100u/25v biang kerok B+ melonjak di tv samsung slim. semoga abang n keluarga selalu diberi kesehatan serta rezeki yg berkecukupan.

    ReplyDelete
  12. Sangat membantu min.. Saya ganti 220/16..bisa kan min.?

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI