Mesin Cuci Samsung Tidak Bisa Start, Displai dan Tombol Normal ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Friday, January 26, 2018

Mesin Cuci Samsung Tidak Bisa Start, Displai dan Tombol Normal

Jumpa lagi rekan-rekan teknisi dan pembaca....
Bahasan kita kali ini modul mesin cuci samsung yang body modulnya warna hitam trobelnya adalah semua displai dan tombol normal namun saat ditekan tombol start tidak ada reaksi apa-apa sesuai perintah pemrograman.
mesin cuci samsung tidak start
Modul Mesin Cuci Samsung

Setelah cek sana-sini akhirnya ditemukan juga part yang trobel. Ya... begitulah kalau kerja tanpa datasheet dan skema semua hanya mengandalkan ketelitian.

Trobelnya hanya pada transistor mungil smd dengan kode di bodinya "NV" yang berfungsi sebagai "Sensor Common" padahal kalau diukur normal, andaikan kita punya skema modul dan datasheet ic micom mungkin akan lebih mudah dalam pengerjaan. Transistor ini saat 'ON' normalnya pada kaki 1 tegangannya adalah kisaran 1,5V  dari jalur COM kontak relai, kaki 2 tegangannya kisaran 2,5V dari jalur 5V suplai melalui  resistor 472/4K7 Ohm dan kaki 3 terhubung ke ground suplai.

Pada saat transistor belum diganti kaki 1 tegangannya 1V dan kaki 2 tegangannya 1,5V dari hal tersebut berarti kaki 1 ic micom tegangan kerjanya adalah kisaran 2,5V bila 'kurang' atau 'lebih' dari  itu maka ic micom tidak akan mengeluarkan perintah ke sistem untuk bekerja. Kurang artinya ic micom membaca bahwa tegangan suplai 5V kurang atau disebabkan Tr trobel atau resistor 472 open bisa juga nilainya molor. Lebih artinya ic micom membaca jalur COM tidak kerja karena relai mati atau Dioda dan Resistor Seri (100K x 2) yang terhubung kaki 1 transistor bermasalah.

Jadi kesimpulannya:
  • Cek jalur COM: Jalur dari micom ke uln2003 ke relai, Relai, Dioda, Resistor Seri.
  • Cek/ganti transistor NV dan Resistor 472 dan Resistor yang menuju micom
  • Bisa juga ic micom yang rusak
Dan yang terpenting kasus yang sama bisa juga penyelesaiannya berbeda.


Demikian ulasan kami saat ini, bila ada yang salah mohon dimaafkan dan semoga bermanfaat.


15 comments:

  1. Mesin cuci saya Sharp front loading,lampu semua nyala tapi nggak mau star Pinto juga ngk mau terkunci.kira2 kenapa ya gan minta pencerahannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pastinya saya blm tau tanpa cek langsung. Cek selain modul: 1. water level dan soket, 2.Cek kabel2, 3.Cek Pompa coba dilangsung ke listrik cabut dulu soket yg ke modul, 4.Cek soket motor. Selain itu semua, trobel mungkin di modul kontrol

      Delete
  2. Mesin cuci saya samsung nga mau star semua jalur sdh diperiksa dan baik apa ic micomnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. trobel di modul, bagian tombol dan jalurnya atau sensor listriknya. Bawa ke servis mahir atau bisa dikirim ke tempat kami, modulnya saja tanpa kabelnya.

      Delete
  3. Pak bos untuk mesin cuci Samsung top loading power supplynya bisa di ganti ga tanpa bp5305-12nya? Baiknya pakai apa ya?

    ReplyDelete
  4. Pak bos untuk mesin cuci Samsung top loading power supplynya bisa di ganti ga tanpa bp5305-12nya? Baiknya pakai apa ya?

    ReplyDelete
  5. Pak bos untuk mesin cuci Samsung top loading power supplynya bisa di ganti ga tanpa bp5305-12nya? Baiknya pakai apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya pakai 12v yg stabil, bisa pakai adaptor 500mA, pasang kabelnya di elko 12v aslinya

      Delete
  6. Ok pak bos terima kasih... akan saya coba

    ReplyDelete
  7. Tr kode NV persamaannya apa ya bosyg banyak dipasaran?

    ReplyDelete
  8. Master kalau soket 5v ke modul di cek short biasanya apanya ya master yang rusak atau perlu di ganti di bagian modulnya.? Tadinya ganti psu nya saya ganti dengan psu pakai dvd sempat normal tapi cuma hanya satu bulan saja. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek semua bagian yang terhubung dg 5V, semoga bukan micomnya yg konslet

      Delete
  9. relay bunyi ctik dan gagal star itu kenapa

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI