TV LG PROTEK ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Friday, June 19, 2015

TV LG PROTEK

TV LG PROTEK HORISONTAL

Kali ini yang saya bahas adalah parkir protek tv LG JOYMAX, kebanyakan teknisi banyak menulis tentang protek pada tv merek jepang, tidak ada salahnya to ... bila saya posting protek tv merek lain yg juga kadang bikin pusing teknisi.

Tv ini dengan IC Chroma TDA8362, Micom / Program LG8634-17C, sebelumnya tv ini sudah di "kerjai" temen2 teknisi, bagian horisontal sudah di "reboisasi" dari Transistor Horisontal, trafo driver, sampai ic Chroma. Tapi ..... tetep aja tak mau start si flaybecknya. Karena kerusakannya memang begitu di on-kan tetep aja diam tak ada aktivitas hehehehe.

Ok ,, pertama cek V-Start ic Chroma, 8 Volt. Saat on 8 voltnya ada, Horisontal output ada tegangan 1 volt sampai ke basis transistor trafo driver, ini berarti normal. Tapi di output trafo driver tidak keluar 1 volt AC. Lanjut ..... saat cek tegangan input trafo driver hanya terukur 8 volt , wow ... disinilah masalahnya kenapa hanya 8 volt ????? Harusnya tegangannya sekitar 50 volt yang diambil dari B + 115 volt melalui R ukuran 3K9. tegangannya merantau lupa pulang ya .... Lihat referensi DISINI

Perjalanan berikutnya adalah pada sistem proteknya, cek ic program cari pin yang bertuliskan ABNO dekan pin Standby. Pin Abno (Abnormal) ini me-sensor tegangan 8 volt, 12 volt, 50 volt semua dihubungkan dengan dioda kaca (zener atau 4148) dan output vertikal melalui transistor. Lepas satu persatu dioda / tr yang terhubung dengan pin ini, karena kecurigaan pada 50 volt pada cabut dioda 4148 nya setelah diukur tester 10x normal2 aja, tapi dengan 1k terlihat da kebocoran dioda ini.

Setelah penggantian dioda ini, begitu di-on-kan terdengar bunyi "thik" berarti relai on dan berarti pula flaibeck kerja, tetapi gambar masih gelap gulita, why ???? Cek nyala heater, ternyata tidak ada nyala heater. telusuri jalurnya dan ditemukan Resistornya megap2 kepanasan. Setelah penggantian R ukuran 4,7 ohm tv sudah nyala normal.

Cukup sekian dulu, besok sambung lagi dengan tema lainnya, semoga bermanfaat, bagi teman2 teknisi yang memiliki kasus yang sama.




2 comments:

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI