CARA DAUR ULANG (RECYCLE) TENOL/TIMAH PATRI ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Wednesday, August 17, 2016

CARA DAUR ULANG (RECYCLE) TENOL/TIMAH PATRI

Harga semua kebutuhan semakin bertambah mahal setiap harinya, ada apa dengan negara ini? Termasuk semua kebutuhan servis elektronik baik peralatan dan juga sparepart. Misal tenol/timah solder harga sekarang di kisaran 60-70 ribu merek yang agak bagus. Terpikir oleh kita bisa mendaur ulang semua bahan agar bisa dimanfaatkan lagi, berikut kita bahas cara mendaur ulang tenol yang sudah berupa serpihan bahasa kerennya sih “geram” namun bukan yang berarti jengkel ya....

Gambar 1
Pada gambar 1, serpihan yang keluar dari sedotan tenol kita kumpulkan dalam satu wadah kalau sudah lumayan banyak kita jadikan batangan, caranya serpihan kita campur dengan fluks (gondo rukem/ getah pinus) sebagai katalisator yang cair maupun yang padat sama saja kemudian panaskan dengan solder yang watt besar minimal 60 watt-an. Medianya pakai kertas/kardus saja kotoran yang ikut dalam serpihan akan menempel pada kertas beserta fluks-nya, sehingga timah cair akan tampak seperti air raksa yang mudah digulirkan, biarkan hingga dingin atau langsung masukkan dalam cetakan.

Tidak usah pusing mikirin cetakan pakai saja kertas/kardus yang ditekuk sehingga membentuk sudut kira-kira 120 derajat. Masukkan timah cair kedalam sudut tersebut dan bentuklah batangan sesuai keinginan kita.

Gambar 2

Gambar 3
Gunanya untuk menyolder bagian-bagian yang membutuhkan tenol lumayan banyak misalnya pin flayback, pin trafo, pin tuner dan pin socket CRT.




2 comments:

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI