SERVIS MESIN CUCI TOSHIBA LED KEDIP DAN BEEP 10 KALI ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Wednesday, June 07, 2017

SERVIS MESIN CUCI TOSHIBA LED KEDIP DAN BEEP 10 KALI

memori error
Memori modul error
Mesin Cuci Toshiba dengan tipe AW-A980MN kerusakannya begitu ditekan tombol ON Led Course dan salah satu led water level kedip-kedip bergantian disertai bunyi beep "tit" 10 kali dan 1 kali beep panjang seperti kode morse (titik "." sepuluh kali dan strip "-" satu kali. Kerusakan yang hampir sama dan tipe yang sama pernah kami bahas dalam postingan yang telah lalu.

Kecurigaan tetap pada memorinya, ic dengan kode 24C02 yang kemungkinan tidak bisa menyimpan program default/otomatis yaitu proses pencucian yang hanya menekan tombol On dan Start.  Bongkar plastik penutup modul dengan solder 100 Watt kita buat lubang berbentuk kotak secukupnya untuk mencabut ic memori dan menggantinya dengan yang baru.

Kami belum tahu apa penyebab kerusakan pada mesin cuci tipe ini kenapa yang sering error pada ic memorinya, Tetapi tidak mengapalah daripada rusak ic programnya, harga ic memori kosongan dalam kisaran 2000 sampai 5000 rupiah. Yang membuat kita pusing adalah menemukan bagian mana yang rusak pada awalnya.

Cukup sekian semoga bermanfaat.


9 comments:

  1. Gan ,kalau IC 24c02 kosongn (blum d program)bsa lngsung d pake ga..mohon petunjuk..terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Ternyata memang benar om ic 24c02 sdh tak ganti modul normal. Setelah uji coba saya start listrik njeglek apa saya yg salah pasang kabel antara motor drain dan jalur kapasitornya. Dan ada 4 kabel abu abu klo di sambung jadi satu modul langsung nyala pada awalnya saya dapat g seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kembali kabel2nya. Sebelum bongkar hrs nya difoto dulu

      Delete
  3. Ternyata saya yg salah inputan 220 tak sambung sama outputan motor. Sekarang bisa nyala tapi kenapa klo di test spin saja kok error ya apa motor drain harus ada bebannya gitu

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI