CARA PERBAIKI LAMPU TES UANG / MONEY DETEKTOR ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Monday, April 04, 2016

CARA PERBAIKI LAMPU TES UANG / MONEY DETEKTOR

Gambar 1
 Uang palsu lagi marak ni.... Tidak ada salahnya bila terima uang dicek dulu yang paling gampang sih pakai cara yang di iklan tv itu, namun bila uangnya banyak repot juga kan..??

Pakai lampu UV (Ultra Violet) yang paling gampang dan murah, tidak tahulah harga barunya berapa heheheheh... tapi kalo rusak/mati tidak ada salahnya diperbaiki. Yang sering rusak/mati sih lampunya, harga baru sekitar 25 ribuan. Namun setelah ganti baru masih tidak mau nyala atau justru lampu rusak/putus lagi pastinya modul suplainya yang trobel.

Modulnya seperti rangkaian lampu hemat energi lainnya. Cek modul suplainya, bila lampu dipasang langsung rusak/putus filamennya pastinya langsung kena tegangan tinggi B+ 300 volt DC, kerusakan pada Transistor (13001) short/open, atau kapasitor  yang menuju pin lampu UV open/short biasanya ukuran 472/1kv atau 332/1kv.


Gambar 2
Cek semua resistor, elko, dan dioda. Jadi pusing kalau ada R yang gosong, cari aja di modul lampu biasa yang merek murah meriah karena sekarang yang lampu merek terkenal pakainya smd semua.
Setelah semua dipastikan normal ternyata lampu ini startnya lambat setelah on kadang 1/2 atau 1 menit baru nyala, coba cek kapasitor dekat soket ke lampu (gambar 2), kapasitor ini berfungsi sebagai starter, seperti jaman lampu tabung yang pakai trafo itu starternya pakai kapasitor dan lampu kedip dalam satu wadah bentuknya bulat. Kapasitor ini ternyata bak-baik saja. Kecurigaan pada TR yang ada lingkaran merah, setelah ganti baru ternyata lampu langsung menyala. Walau diukur kelihatan normal, namun saat disuruh kerja dia malas-malasan hehehehe....


Gambar 3
Kalau uang dicek pakai UV nomor seri, gambar bayang, dan pita kelihatan jelas





8 comments:

  1. elco kecil2 warna biru itu ukiran brpa bang? dpt kok udah meletus semua

    ReplyDelete
  2. bang saran dong.. kalo money detector itu mending nyala terus atau dimatikan kalau tidak dipakai.. katanya sih lebih awat kalo dinyalakan terus? apa bener? makasih bang sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara pastinya saya blm tahu. Secara logika umur lampu (life time) ada batasannya dan tergantung bahan juga.

      Delete
  3. Bang cara mengetahui lampunya putuh ataau gk gmn bang?

    ReplyDelete
  4. Tanya
    1.Tegangan pada tiap fiting brp volt ?

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI