AC TOSHIBA TIDAK BISA DI-REMOTE LANGSUNG MODE AUTO ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Sunday, May 28, 2017

AC TOSHIBA TIDAK BISA DI-REMOTE LANGSUNG MODE AUTO

AC Tosiba dengan code casis MCC-531-05 dan ic microcontrol menggunakan TMP74C860N tanpa ic memori,  trobelnya tidak bisa diremot dan saat diberi tegangan listrik langsung on dan fan  indoor berputar (Auto).  AC jenis ini menggunakan 3 pilihan start-on switch yaitu Remocon, Auto dan Cool.

ac toshiba
Pilihan Mode pada Display AC Toshiba

Pada kondisi pemakaian normal harusnya posisi switch pada arah Remocon dan ditandai dengan lampu power kedip-kedip (standby), namun kenyataannya lampu power menyala tanpa kedip-kedip seperti pada posisi Auto ataupun Cool. Setelah pengecekan dan pengukuran switch dengan multitester hasilnya tampak baik-baik saja namun ketika modul Ac ini di hidupkan pin Remocon ada tegangan 4 volt dan bisa dipastikan switch bermasalah ada short/konslet pin Remocon dengan tegangan 5 volt karena karat. Setelah switch dibersihkan dengan antikarat pin Remocon tegangannya 0 (nol) volt dan lampu power kedip-kedip (kondisi standby).

Selanjutnya coba menyalakan dengan remot ternyata hasilnya nihil padahal remot dites dengan kamera hp normal bisa dipastikan sensor IR (infra red) di modul ac bermasalah. Sensor IR modul ini menggunakan rangkaian tersendiri dengan menggunakan sensor IR dua buah, tentunya kita kesulitan mencari pengganti untuk rangkaian sensor model ini, rangkaian sensor seperti ini pernah dipakai di mesin TV Panasonic lama (body nyetrum). Namun jangan khawatir kita bisa mengganti rangkaian sensor ini dengan sensor biasa pada umumnya baik yang bekas di vcd, dvd, tv dan lain-lain yang masih normal tentunya ataupun yang baru. Sensor baru dengan harga yang murah meriah, paling murah kira-kira Rp2.500,00. Mudah bukan? Dan terbukti bisa berfungsi normal dan hal terpenting jangan terbalik kaki-kakinya dalam pemasangan.


receiver IR
Receiver Infra Red
Bila pengalaman ini bermanfaat bagi Anda silahkan tinggalkan komentar. Good luck.


2 comments:

  1. indor Toshiba saya hidup mati sendiri tanpa di remote...knp ya..?

    ReplyDelete
  2. halo.. mau nanya nih, motor swing ac toshiba saya rusak.
    apakah bisa diganti dengan swing motor merk lain..?
    apakah koneksi kabel motor swing merk lain cocok dengan ac toshiba saya..?
    trims untuk masukannya.

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI