SERVIS MESIN CUCI SHARP FRONT LOADING MOTOR MATI ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Saturday, May 27, 2017

SERVIS MESIN CUCI SHARP FRONT LOADING MOTOR MATI

motor sharp
Motor Mesin Cuci Sharp
Kali ini kami bahas motor utama mesin cuci sharp front loading. Kerusakan pada motor yang ngambek tidak mau kerja tidak mau berputar. Bila diamati di display tidak menunjukkan gejala error, ini yang agak aneh biasanya kalo motor utama tidak berputar maka ic micom akan mengeluarkan sinyal error.

Pada saat kami coba untuk proses spin tetap saja motor tidak berputar, iseng-iseng kami putar pulley tiba-tiba motor langsung berputar kencang, membuat kaget. kami mengambil kesimpulan motornya yang bermasalah, setelah cabut steker listrik kami baringkan mesin cuci ke arah samping untuk mengecek kondisi motor, periksa dulu kondisi socket konektor kabel hasilnya socket konektor aman-aman saja. kemudian cek arang/carbon brush (sikat) ternyata kondisinya sudah "pincang" tidak sama panjang dan yang pendek tidak ada bekas gesekan berarti sudah tidak konek dengan bagian rotor motor.

Cara ukur carbon brush dan rotor masih bagus adalah pada posisi brush terpasang ukur dengan multitester posisi ohm meter, ujung-ujung brush harus menyambung, bila tidak berarti ada yang hilang kontak (loss contact) bisa jadi lilitan rotor ada yang putus. Sampai saat ini kami belum tahu skema pengabelan motor dan sistem relai yang digunakan pada mesin cuci front loading baik yang inverter maupun yang non-inverter seperti ini. Gambaran paling gampang adalah seperti bor/drill bolak-balik yaitu dengan membalik kabel brush. Pernah kami memodifikasi motor untuk menarik korden kekanan dan kekiri dengan menggunakan motor mesin jahit menggunakan dua relai untuk membalik kabel brush.

Kabel yang menuju bagian motor utama mesin cuci front loading setiap merek ada yang sama dan ada yang berbeda, ada kalanya 8 ada juga 9. Dua kabel untuk sensor putaran motor, dua kabel untuk carbon brush itu yang pasti dan sisanya masuk ke lilitan motor. Kecepatan motor untuk spin dikendalikan ic micom melalui SCR biasanya ada pendinginnya (heat sink) untuk membuang panas.

Cukup sekian semoga bermanfaat untuk yang seneng utak-atik mesin cuci.


6 comments:

  1. sep trima kasih atas tips yang berguna untuk servis ini



    Ladies wear (diskon s/d 95%)

    https://shopee.co.id/pc_event/?smtt=1.3380&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fevents3%2Fcode%2F3640727682%2F%3Fsmtt%3D1.3380

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tidak modul universal cina di pasang di front loading

      Delete
    2. Perbedaan signifikan pada 'sistem' motor penggerak, bagi kami itu yg sulit saat ini untuk dimodifikasi

      Delete
  2. Untuk merubah manual gimana om, mohon bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami blm pernah ubah ke manual. Tetapi sebagai gambaran saja kita gunakan timer pencuci untuk ubah posisi relai tetapi pakai tegangan 12v, kecepatan motor pakai rangkaian dimmer. Dan timer pengering untuk relai pompa dan motor juga.

      Delete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI