AC POLYTRON ERROR "EA" ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Tuesday, April 03, 2018

AC POLYTRON ERROR "EA"

Kembali ke AC.
Baru kali ini kami menemui AC merek polytron dengan kode eror EA meskipun belum di on-kan, muncul eror setelah beberapa detik di hubungkan ke listrik. Yang jadi keanehan ternyata AC berfungsi dengan normal, hanya displainya hanya ada tulisan EA hilang-timbul.

Eror EA modul polytron
Gb.1. Modul AC Polytron
Dugaan sementara trobel pada power suplai. Setelah bongkar modul dan dilakukan pengukuran pada tegangan 12v dan 5V ternyata stabil, ternyata dugaan kami salah. Perburuan berlanjut pada  sensor-sensor yang digunakan.

1. Sensor suhu (thermistor)

Kami belum tahu ukuran standar thermis yang digunakan. Sensor ruang (warna hitam) terukur kisaran 14 kohm dan sensor pipa (logam) terukur kisaran 14 kohm juga. Kami coba ganti dengan ukuran 4 kohm maupun 10 kohm hasilnya sama saja.

2. Sensor Motor indoor (de effecto hall)

Saat standby terukur 4,5V dan saat jalan 2V, asumsi kami keadaan ini normal.

3. Sensor tegangan listrik

Modul jenis ini berbeda dengan pendahulunya yang belum memakai sensor tegangan listrik, tegangan listrik di sensor melalui photocoupler/optocoupler, kaki 1 dan 2 pada jalur tegangan 300 Vdc dan tegangan antar kedua kaki adalah 1 Vdc. Kaki 4 terhubung ke tegangan 12V dan kaki 3 masuk ke jalur micom, bila jalur ini diputus tegangan dari jalur kaki micom terukur 4,2 Vdc, bila tidak diputus terukur 1 Vdc. Dan asumsi kami inipun normal.

Jadi pusing juga....

Perburuan berikutnya pada komunikasi data antara micom dan displai, kami belum tahu apakah komunikasi data dengan SDA-SCL ataukah STB-SCK seperti pada DVD karena kami belum punya datasheet masing-masing ic karena kodenya tak terlihat. Yang jelas hanya satu jalur yang terhubung ke ic displai sementara yang satunya menuju ic micom lagi setelah dihubungkan ke tegangan 5v displai melalui resistor. Mungkinkah ic displai belum bekerja??


Displai ac polytron
Gb.2. Displai AC Polytron
Langkah berikutnya kami coba ganti RC (Resonance Capasitor) atau lebih dikenal dengan kristal (X-tal) ukuran yang tertera di bodinya adalah 8 Mhz. Ternyata RC displai sama dengan RC micom, untuk memastikannya kami tukar posisi RC-nya dan ternyata micom kerja sebentar, pakai tombol auto maupun remot, ternyata RC displai memang bermasalah. Masalah berikutnya adalah mencari RC ukuran 8 Mhz, mungkin di pasaran ada tetapi kami lebih suka berburu di rongsokan hehehehehe..
Dan hasilnya kami temukan di mainboard komputer jadul ukuran sama tetapi beda fisik. Rongsokan komputer dan monitor CRT yang sudah kami simpan bertahun-tahun ternyata ada manfaatnya juga karena televisi tipe slim bagian horisontalnya mengadopsi monitor CRT terutama kapasitor-kapasitornya yang dipasaran sulit didapat dan lilitan-lilitannya juga. Bahkan inverter dc-dc yang dipakai televisi LED juga mengadopsi monitor CRT dimana tegangan 50V saat monitor on tegangan yang menuju flaibek menjadi 90V, FET yang dipakai IRF630. Tambahan pengalaman sedikit.

Setelah penggantian RC, ternyata errornya tidak muncul lagi dan tampilan displai sudah normal seperti sedia kala. Dan ternyata sensor tegangan listrik saat normal terukur 0,5V.

Di saat-saat sulit kadang teknisi jalanan seperti kami hanya bisa berkhayal, andaikan kita punya data dan punya sparepart semua hal yang kita hadapi mungkin pekerjaan akan lebih cepat dan tentunya bayarannya cepat juga hahahaha.... Kita terima dan hadapi saja yang ada karena data dan sparepart hanya milik si pembuat produk. Hanya berbekal rongsokan kita bisa sulap produk-produk mereka sehingga berfungsi lagi. Itu tadi curhat sedikit dari negeri rongsokan.

Demikian ulasan kami maaf bila ada kekurangan dan semoga bermanfaat.

15 comments:

  1. Bol3h minta kode error ac polytron dan cara mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf,, kami belum punya datanya. Coba googling mungkin sobat teknisi lain sudah punya

      Delete
  2. Apakah ac polytron tersebut bisa di by pass..?

    ReplyDelete
  3. Klo ada tulisan fc pada ac polytron knpa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm tahu kode tersebut, tapi masih bisa diperbaiki

      Delete
  4. abis di cuci kok ac politron inverternya rusak...
    aot door nya compresor gak mau nyala kenapa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo inverter banyak yang harus dicek, saya blm bisa ngira2 harus cek langsung.

      Delete
  5. Replies
    1. sama artikel di atas, harus dikerjakan oleh teknisi atau yg paham elektronik

      Delete
  6. Bgmn Cara pastikan bagus atau rusaknya komponen PC Sensor Listrik ?

    ReplyDelete
  7. Kalo ada kode EA boleh di nyalain ga AC nya?

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI