MESIN CUCI SANYO MATI TOTAL TIDAK BISA ON ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Wednesday, May 02, 2018

MESIN CUCI SANYO MATI TOTAL TIDAK BISA ON

Apa kabar sobat semua, semoga sehat segalanya.
Baru kali ini bisa update postingan lagi baru ada waktu luang. Kali ini kami bahas mesin cuci Sanyo lawas tipenya kami belum tahu, dimana ada dua modul yang terpisah jauh modul displai di atas dan modul power suplai dan kontrol ada di bawah.Trobelnya mati total.


modul mati total
Modul Mesin Cuci Sanyo Mati Total
Modul power suplai sudah lumayan parah pernah dicongkel dari atas. Setelah kami rapikan bagian atas dengan merapikan pengeleman supaya rapat dengan lem bakar kemudian kami bongkar plastik bagian bawah dengan solder 100 watt senjata andalan pembelah plastik hehehehehe…
Menurut pengalaman kami modul jenis ini memang sering trobel bagian power suplai. Setelah pengecekan ditemukan jalur listrik 220 ada yang putus sudah bisa dipastikan kalau jalur 220 ada yang putus terbakar pasti ada dioda yang digunakan untuk dioda bridge dan atau tetangganya baik elko450V atau ic power suplai ada yang short. Ternyata ada 3 dioda smd dengan kode M7 short. Mungkin di toko sparepart yang besar ada yang jual tetapi daripada pusing cari dioda pengganti kami gunakan dioda bridge dari bekas mainboard monitor tabung dengan modifikasi lokasi di modul power suplai. Lihat gambar diatas ada dioda kaki 4 (bridge) yang kami pasang dengan jumper kabel.

Setelah modifikasi selesai saatnya dicoba diberi tegangan listrik. Sebagai pengingat saja, pasang dulu lampu bohlam 5 watt di pasang secara seri dengan modul, mudahnya ganti saja sekering dengan lampu tadi  agar bila ada bagian yang masih rusak listrik tidak jeglek atau tidak ada bagian yang terbakar, bila ada jalur yang konslet maka lampunya akan menyala sangat terang. Jangan pasang lampu melebihi 5 watt seperti pada pengujian modult elevisi yang pakai 100 watt. Setelah modul kami beri aliran listrik, lampu tidak menyala dan tegangan output 12V dan 5V normal semua. Cabut steker listrik dan lampu 5 watt kami lepas, colokkan lagi steker listrik dan tombol power ditekan ternyata tidak adat anda-tanda kehidupan hehehehe.. mikirlagi.

Dugaan kami mungkin di RC-(Resonance Capasitor)-nya atau yang lebih dikenal dengan X-tal atau kristal dengan kode 8.000 atau 8 Mhz karena salah kakinya hanya ada tegangan 0,1V. Namun bila diamati modul tipe ini memakai sensor tegangan listrik yang terdiri dari R, PC (photocoupler/optocoupler) dan transistor tipe NPN. Dari data yang kami miliki kolektor transistor yang terhubung ke pin di micom tegangan normalnya kisaran 3,2V dan kaki basis tegangannya kisaran 0,3V. Setelah pengukuran di kolektor transistor tegangannya 0V, ternyata PC-nya mati. Kaki 1 PC terhubung ke 300VDC melalui Resistor paralel (224 ohm) 2 buah, kaki 2 PC terhubung ke ground primer 300VDC, kaki 3 PC terhubung ground skunder dan kaki 4 terhubung ke kaki basis  (kiri) transistor NPN yang mendapat tegangan pull up dari 12V melalui resistor ukuran 223. Kaki tengah transistor (kolektor) terhubung ke ic micom yang mendapat tegangan pull up dari 5V melalui resistor ukuran 103. Kaki kanan (emitor) terhubung ke ground.

suplai mesin cuci sanyo
Modul Power suplai mesin cuci Sanyo
Pengukuran PC dengan menggunakan multitester pada skala 10kohm, bagi sobat-sobat bisa praktekkan sendiri memakai PC yang normal. Setelah penggantain PC modul sudah normal kembali. Sebagai catatan error yang sering muncul EA (water level atau tegangan 5V) dan EC (error cycle: motor tidak berputar).

Demikian ulasan kami bila ada yang salah kami mohon maaf, bisa juga kasus sama tetapi solusinya berbeda hal diatas hanya salah satu solusi saja. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI