MODUL KULKAS DUA PINTU SEDERHANA ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Saturday, May 26, 2018

MODUL KULKAS DUA PINTU SEDERHANA

Kembali ke kulkas sobat-sobat,, 
Ada beberapa merek dan tipe kulkas dua pintu yang memakai timer dan kontrol elektronik. Kontrol suhu ditentukan oleh dua buah thermistor, 1 menempel di pipa pendingin dan 1 lagi di ruangan kulkas ada yang di ruang freezer/atas atau ada yang di ruang bawah. Ukuran thermis bisa juga berbeda antar merek dan tipe, penggantian thermis harus dengan ukuran yang sama resistensinya, ukur dengan multitester pada skala 1 kohm. Celakanya kalo thermis short (konslet) ataupun open (tidak hubung sama sekali) dan kita tidak punya data atau skema modulnya yang tentunya hal tersebut hanya dimiliki oleh produsennya. Modul kulkas yang canggih sangatlah rumit digunakan pada kulkas inverter, kami belum punya banyak pengalaman menanganinyadan masih jarang yang masuk ke tempat kami.

Kontrol pemilihan suhu yang kita inginkan menggunakan sebuah potensio sebagai pengganti thermostat, ukuran potensio ini adalah bervariasi pada setiap merek dan tipe ada yang menggunakan  2 kOhm (namun di pasaran potensio tersebut agak sulit didapatkan) ada pula yang menggunakan 10 kOhm. Cara akalinya menggunakan potensio yang ada di pasaran ukuran 1 kOhm dan modifikasi jalur input atau output dengan Resistor ukuran 1 kOhm. Saat pertama kali kulkas dihidupkan waktu kerja kompresor adalah kira-kira 7 jam, 8 jam atau 9 jam 40 menit dan selama proses pendinginan bila suhu ruang sudah sesuai pemprograman yang dipilih maka ic program akan mematikan relai kompresor, data suhu diambil dari termis. Selang beberapa saat ic micom akan mengaktifkan relai heater.

Dibawah ini kami mencoba untuk membuat modul kulkas sederhana sebagai pengganti bila sangat terpaksa modul aslinya tidak bisa diperbaiki atau kita tidak mau mengganti modul aslinya dengan timer mekanik, skemanya kami buat sesuai modul salah satu merek yang ada dipasaran dan biayanya pun relatif murah. Power suplai menggunakan trafo biasa 500mA, output 15V kemudian direduksi menjadi 12V menggunakan 7812 untuk power sulai relai. Tegangan 5V ic micon (micro control) di ambil dari 12 yang direduksi menggunakan 7805.

kulkas otomatis
Skema Modul Kulkas Sederhana

Dari gambar diatas kita bisa membuat sendiri modul kulkas dua pintu sederhana, mungkin yang agak sulit didapat hanya ic micon PIC12F683 tetapi di online ada dan harganya terjangkau. Kalau modul lama masih ada kita hanya modifikasi VR (variabel resistor) atau potensio, disini yang digunakan ukuran 10kOhm kaki kiri ke ground kaki tengah dan kanan dijadikan satu. Berikutnya menyesuaikan thermis, 2 buah thermis ukuran yang digunakan disini 10 kOhm, ThR = thermis room dan ThP = thermis pipa. Ada switch geser di modul atau pakai jumper saja, kalau closed (tertutup) kompresor kerja selama 8 jam dan kalau open (terbuka) maka kompresor kerja selama 9 jam 40 menit.

Kipas atau fan, kalau pakai 220VAC diambil bersama kompresor kalau pakai tegangan DC maka pakai adaptor jadi catu daya trafo adaptor di jalur N dan L kompresor. Lampu ruangan, kalau pakai Led harus pakai adaptor juga, semua jaringan mengikuti kontruksi aslinya.

Demikian ulasan pengalaman kami kali ini, mohon maaf bila ada yang salah dan semoga bermanfaat.


4 comments:

  1. IC nya bisa di pakai langsng atw harus di program om? Mrogramnya pake apa ya?

    ReplyDelete
  2. IC nya harus di program dulu atw langsng bisa di pakai om. Kalo diprogram pake apa orogramnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. injek program, tim kami yg dulu yg bisa, sayangnya tertutup

      Delete
    2. Kini tim kami yg lain beralih ke arduino

      Delete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI