MESIN CUCI FRONT LOADING INVERTER ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Monday, June 04, 2018

MESIN CUCI FRONT LOADING INVERTER

Jumpa lagi sobat-sobat,,,,
Kali ini kami bahas mengenai modul mesin cuci front loading hasil pengamatan sekilas karena memang terbatasnya informasi yang membahas tentang modul mesin cuci. Pembahasan kali ini hanya pada sistem kerjanya saja. Berikut kami sertakan contoh bagan sederhana namun setiap merek dan tipe bisa saja berbeda.

bagan inverter dan noninverter
Atas: Bagan Modul Inverter, Bawah: Bagan Modul Biasa

Pada bagan yang atas memang sangat rumit dalam pengerjaannya, bagian kontrol mekanik atau sistem kerja gerak terhubung dengan tegangan 220VAC baik yang terhubung itu ground-nya, 12VDC-nya atau 5VDC-nya sering dijumpai pada sistem inverter sistem penghubung perintah melalui photocoupler (PC). Kontrol Program atau kontrol perintah tidak terhubung dengan tegangan 220VAC sehingga tidak "nyetrom". Penghubung sistem kontrol pemrograman dan kontrol switch displai adalah SDA-SCL.

Error displai kedip-kedip ataupun error DC yang sering terjadi karena komunikasi data antar mikro kontrol ada gangguan, komunikasi data melalui PC yang terdiri dari 2 buah atau lebih, sinyal dikirim dari micom melalui jalur resistor, transistor kemudian ke PC. Eror bisa terjadi karena bagian hardware yang bermasalah bisa juga firmware-nya yang korup. Kalau kerusakan pada hardwarenya kemungkinan masih bisa tertolong namun harus penuh kesabaran dalam pencarian bagian yang rusak. Pertama-tama cek PC, apakah PC tersebut satu arah misal P817 ataukah dua arah (bidirectional) misal P814, karena bila P814 diganti dengan P817 untuk sinyal digital biasanya tidak berfungsi, akan terjadi error kecuali untuk sensor kecepatan motor pada top loading kadang masih bisa berfungsi.
optocoupler 817 814
PC817 dan PC814
Kerusakan lain yang sering terjadi adalah pada ic IPM, kontrol tegangan 3 fasa, penggerak beban motor inverter. Penyebab kerusakan ic IPM biasanya karena beban motor yang terlalu besar atau overload, tegangan power suplai 300VDC tidak stabil, panas yang berlebihan atau overheat. Kerusakan akan sangat parah bila jalur yang terbakar sampai ke bagian micom.
Contoh ic IPM adalah IKCM15F60GA yang dipakai pada mesin cuci samsung.
Skema IPM samsung
IPM IKCM15F60GA
Sensor gerak motor pada merek samsung ada di area IPM bila beban overload maka otomatis akan protek, cara buktikan, hidupkan mesin cuci posisi proses spin dan motor dalam kondisi dilepas dari dudukannya, amati apa yang terjadi? Motor pada saat kecepatannya bertambah maka getarannya bertambah dan berikutnya rotor motor seperti terkunci sehingga motor berhenti. Jadi kalau mencoba modul maupun motor maka posisi motor harus terpasang. Kaki IPM samsung yang berperan sebagai sensor adalah pin VFO(14) Fault output / Temperature monitor, ITRIP(15) Over current shutdown input dan jalur 3 dioda yang masing-masing terhubung dengan Resistor 0,68 Ohm/5Watt sebagai sensor arus jalur U-V-W (lihat gambar dibawah). Motor dan pully samsung dihubungkan menggunakan belt. Secara kasat mata motor inverter lebih mudah perawatannya dibandingkan motor dengan karbon brush, karena bila sering dipakai maka karbon akan cepat habis pula, kami belum punya data antara waktu pakai dengan usia karbon ataupun rpm dengan usia karbon.

sistem proteksi ipm
Proteksi pada ic IPM
Berbeda dengan merek LG yang pernah kami amati, bisa lihat DISINI. Motor tanpa belt, menempel langsung di belakang drum. dan sensor gerak motor masih menggunakan sensor Hall dalam modul kecil yang menempel pada motor. Bila sensor ini bermasalah maka akan muncul suara Grek-grek (jawa) padahal tidak ada benda asing yang mengganggu putaran motor, kemudian di displai akan muncul LE.

Demikian ulasan kami, maaf bila masih banyak kekurangan dan bila ada tambahan pengalaman akan kami update.


6 comments:

  1. Samsung dualwash munycul kode 2H

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2H biasanya proses 2 jam (hour).
      Coba proses pencucian di pindah2.
      Kalo setelah start gak ada reaksi berarti kemungkinan error di modul atau doorlock

      Delete
  2. Maaf Om mau tanya
    Mesin cuci samsung inverter modul atas
    Kerusakannya pada waktu power di tekan dihidupkan listrik langsung jeglek,display sempat hidup sebentar langsung mati,yang perlu di perbaiki bagian yang mana ya Om.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Maaf Om mau tanya
    Mesin cuci samsung inverter modul atas
    Kerusakannya pada waktu power di tekan dihidupkan listrik langsung jeglek,display sempat hidup sebentar langsung mati,yang perlu di perbaiki bagian yang mana ya Om.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Maaf om mau nanyak mesin cuci kadang bisa muter kadang tidak bisa dsolusi kerusakan di bagian apnya om modul bawah ap dinamo nya om mkshhh

    ReplyDelete
  5. Maaf om, mesin samsung 12 kg , ewf1124xac bila soket pada displazy saya lepas 1 soket listrik tidak jeglek /padam tp display tdk nyala , tapi kalo saya pasng , alias 3 soket saya pasang langsun jeglek
    Penyebabnya apa ya om ? Mohon pencrrahanya, mksih

    ReplyDelete

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI