MENGGANTI POLARIZER SPEEDOMETER MOTOR ~ NASACOMCENTER -->
NSC

ARTIKEL TERBARU ADA DI NASACOMHOMETRONICS.BLOGSPOT.COM SILAKAN KLIK LOGO

Thursday, June 21, 2018

MENGGANTI POLARIZER SPEEDOMETER MOTOR

Jumpa lagi sobat-sobat, setelah hari-hari rehat panjang.
Kali ini hanya postingan yang tidak banyak mikir, sekedar pengalaman akal-akalan saja hehehehe... tetapi judulnya sebenarnya kurang tepat, karena yang diganti hanya polarizer indikator fuel dan odometer (jarak tempuh), hanya mengikuti asumsi pengetahuan banyak orang.

Sepeda motor yang jadi ajang aksi adalah kharisma 2003, meskipun sudah berusia 15 tahun saat ini, namun masih setia untuk diajak tempur. Masalah yang ada adalah indikator bahan bakar (fuel) dan pengukur jarak (odometer) sudah tidak bisa terbaca lagi karena plastik polarizer terkelupas dan mengkerut warnanya terbakar matahari kemungkinan terlalu lama "berjemur" di terik matahari seperti bule-bule itu hehehehe,,,. dan masalah lainnya adalah angka odometer sudah mentok di angka 99999,9 karena sudah jauhnya perjalanan, masalah ini yang belum diatasi karena peralatannya yang belum ada. Caranya sebagaimana edit eeprom, pakai interface--komputer/laptop--software dan firmware.

Kita bisa bayangin betapa repotnya bila indikator bahan bakar tidak berfungsi, mungkin ada yang merasa jengkel, kesel, frustasi karena saat kita membawa barang semisal tv 21 inchi atau barang lainnya dan kita sudah mengikatnya kuat-kuat kita sebelumnya lupa menengok isi tangki bahan bakar. 
Baik, kami hanya atasi polarizernya saja karena yang tidak pakai modal dan kita manfaatkan rongsokan saja dan mungkin bagi sebagian orang memandangnya sebelah mata saja sudah tidak mau. Bila beli polarizer baru mungkin di pasaran susah atau bahkan tidak menemukannya kecuali di beberapa tempat/kota mungkin masih ada kanibalan polarizer. Bila tanya ke dealer, jawabannya pasti "ganti baru 1 paket" dan cobalah tanya harganya berapa.

displai fuel dan odometer
DISPLAI SEPEDA MOTOR
Nah tampilannya seperti gambar di atas itu, mana tampilan yang kita inginkan tinggal balik saja polarizernya. Sudah terbayang benda apa untuk mengganti plastik polarizernya? Perhatikan gambar berikut ini.

led bekas panel tv
PANEL LED TV BEKAS
Silakan improvisasi sendiri bagian mana yang akan dipakai, dicoba-coba saja bagian depan atau bagian belakang yang mau dipakai, sesuai selera masing-masing. Itulah yang kami maksud rongsokan yang mungkin dipandang sebelah mata saja tidak, tapi masih bisa sangat berguna bagi kita. Jadi panel LED rusak mungkin karena chip-chipnya mati atau karena pecah, kita belah jadi 2 bagian. Sebenarnya yang kita manfaatkan adalah plastik polarizernya tetapi memisahkan dari kacanya susah sekali, akhirnya kami potong beserta kacanya yang sangat rapuh atau getas. Kami menggunakan yang bagian belakang, kami potong menggunakan gerinda. Sebelumnya belah panel LED tersebut sehingga menjadi 2 bagian. Ukur dulu panjang dan lebar yang kita butuhkan sesuai persegi panjang di displainya. Potong dengan hati-hati.

Sebelumnya kami sudah mencatat berbagai cara, pakai polarizer displai DVD/VCD, laptop mainan  anak-anak, displai remot ac, dan lain-lain namun semua hanya sebatas idea, cari barangnya juga susah. Saat termenung teringat pernah ganti polarizer tv lcd, ternyata betul juga karena yang ada hanya bekas panel LED yang sudah pecah maka kami gunakan itu. Dan mungkin sobat-sobat yang mengalami kasus yang sama bisa coba-coba cara lain menggunakan bekas displai apa saja yang penting tanpa mengeluarkan biaya hehehehe.. Alhamdulillah.

Demikian ulasan kami bila ada yang salah atau kurang jelas kami minta maaf.


1 comment:

MAAF BILA KOMENTAR/CHAT WA TIDAK SEGERA DIBALAS KARENA TERBATASNYA WAKTU KAMI